Tips & Trik Menghadapi Covid-19: Iman, Aman dan Imun

- 26 November 2020, 07:25 WIB
Foto pengirim. (dok.Yudith Yunia Kusmala, dr., M.Kes., Sp.PD) /

GALAMEDIA - Virus corona adalah virus penyebab penyakit yang awalnya menular dari hewan ke manusia (zoonosis) dan kemudian dapat menyebar dari manusia ke manusia atau hewan. melalui kontak erat, droplet maupun aerosol.

Virus corona ditemukannya pada bulan Desember 2019 di Wuhan dan sekarang sudah menyebar luas ke seluruh dunia mengakibatkan pandemi global Covid-19. Dipastikan 235 negara terjangkit dengan total kasus 50 juta-an kasus.

Indonesia peringkat 23 jumlah kasus terbanyak di dunia dan peringkat pertama di Asia Tenggara, yang sampai saat ini pun belum mencapai puncaknya.

Baca Juga: Menteri KKP Edhy Prabowo Tersangka, Uang Suap Dipakai Belanja Barang Mewah di Amerika Serikat

Untuk itu kita harus dapat bertahan dalam pandemi ini dengan meningkatkan kewaspadaan melalui perubahan gaya hidup atau penerapan kebiasaan baru. Ada tiga hal pentihg yang dapat kita lakukan, seperti yang sudah dianjurkan pemerintah melalui Satgas penanggulangan Covid Indonesia.

Yang pertama adalah dengan Iman, yaitu upaya untuk keimanan dengan beribadah kepada Allah SWT, Tuhan semesta alam. Sehingga ketenangan dan kekuatan batin diperoleh, endorphin endogen banyak dalam tubuh, tingkat stres menurun, daya tahan tubuh akan meningkat.

Yang kedua adalah Aman. Tingkatkan keamanan diri dengan alat memakai pelindung diri yaitu pemakaian masker, menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun atau cairan berbasis alkohol.

Baca Juga: Bikin Geger, Mobil Berplat RI 1 Nekat Terobos Pintu Mabes Polri

Yang terakhir adalah dengan Imun. Tingkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi, pola makan teratur, minum tidak kurang dari 1500 mL, olahraga dan istirahat yang cukup.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X