Gang Sarebu Punten itu Kini Disulap Jadi Kampung Kreatif !!

- 3 Maret 2021, 11:33 WIB
Ibu-bu berfoto ria di Cicadas /Anto Ramadhan

GALAMEDIA - Kawasan Cicadas termasuk salah satu kawasan padat di Kota Bandung. Wilayah ini berada Kelurahan Cicadas Kecamatan Cibeunying  Kidul, Kota Bandung.
 
Menurut data kependudukan kota Bandung, daerah Cicadas ini kepadatan penduduknya mencapai lebih dari 13.000 jiwa per kilometer persegi.

Sehingga, konon,  Cicadas masuk dalam 10 besar kampung terpadat di dunia dan 5 besar terpadat di Asia Tenggara.

Pernah terjadi beberapa tahun lalu,salah seorang warganya meninggal, dan untuk mengeluarkan keranda beserta jenazah dari rumahnya harus melewati genting.

Di era tahun 90an,  jalan-jalan atau gang - gang kecil di daerah Cicadas terkenal dengan sebutan gang "sarebu punten".

Baca Juga: Perjalanan Karir Chika Waode Pemeran Mirna dalam Ikatan Cinta, Ternyata Pernah Eksis di Lenong Bocah 1990

Sebuah ungkapan kiasan untuk menggambarkan daerah kumuh, sempit dan padat penduduknya, sehingga tiap langkah orang harus berkata "punten" jika kebetulan lewat kawasan ini.

Meskipun berhimpit di ruang sempit, warga  Cicadas terutama di era pandemi Covid 19 tetap bergairah melakukan hal hal kreatif.

Seperti yang dilakukan warga Gang. Wargaluyu RT 01 RW 05 Kelurahan Cicadas, Kota Bandung, mereka menyulap jalan dengan karya karya kreatif, berupa lukisan lukisan.

Jika beberapa tahun lalu kampung kampung kreatif yang ada di kota Bandung melukis mural tembok gang , kini warga Gang Wargaluyu melukis jalan dengan lukisan, dan  permainan Ular Tangga.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X