Agar Anak Selalu 'Hidup Bersama Alquran'

- 14 November 2019, 19:55 WIB
Foto penulis

PELAKSANAN Silaturahim Akbar komunitas One Day One Juz (ODOJ) di GGM Majalengka berjalan lancar. Ribuan Odojer dari Jabar tumplek di Lapangan GGM Majalengka dari pagi. Kehadiran ODOJ sejalan dengan program Jawa Barat dan Pemprov Jabar sangat mendukung dalam rangka pembentukan generasi qurani. (Dikutip Tinta Hijau, 9/11/2019).

Setiap orang tua pasti menginginkan buah hatinya menjadi anak yang shalih dan shalihah. Anak shalih shalihah merupakan harta yang paling berharga bagi orang tua. Untuk mendapatkan itu semua, tentu harus ada upaya keras dari orang tua dalam mendidik anak. Salah satu yang wajib
diajarkan kepada anak adalah segala hal tentang Alquran karena ia adalah pedoman hidup manusia.

Mengajari anak Al-quran berarti mengajak anak untuk dekat kepada pedoman hidupnya. Dengan cara itu, mudah-mudahan kelak ketika dewasa anak-anak benar-benar dapat menjalani hidup sesuai dengan Alquran. Inilah satu-satunya jalan untuk membentuk menjadi manusia yang shaleh. Tak heran bila Rasulullah mengingatkan kita untuk mendidik anak dengan Alquran.

Rasulullah SAW bersabda:
Didiklah anak-anak kamu pada tiga perkara: mencintai Nabi kamu, mencintai ahli baitnya dan membaca Alquran, sebab orang-orang yang memelihara Alquran itu berada dalam lindungan singasana Allah pada hari tidak ada perlindungan selain dari pada perlindunganNya beserta para Nabinya dan orang-orang suci. (HR. Ath-Thabrani)

"Sesungguhnya Alquran ini memberikan petunjuk kepada jalan yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal shalih bahwa bagi mereka ada pahala yang besar". (QS. Al-Isra : 9).

Sejak kapan Alquran sebaiknya diajarkan pada anak? Tentu, sedini mungkin. Semakin dini semakin baik. Akan sangat bagus bila sejak anak dalam kandungan seolah-olah calon anak kita itu sudah terbiasa "hidup bersama" Alquran. Yakni ketika sang ibu yang mengandungnya, rajin membaca Alquran.

Bagaimana Agar Anak Selalu Hidup Bersama Alquran?

1. Mengenalkan
Saat yang paling tepat mengenalkan Alquran adalah ketika anak sudah mulai tertarik dengan buku. Hal ini penting, karena banyak orang tua yang lebih suka menyimpan Alquran di rak lemari paling atas. Sesekali perlihatkanlah Alquran kepada anak sebelum mereka mengenal buku-buku lain, apalagi buku dengan gambar-gambar yang lebih menarik.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X