Peluang Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19 Menghadapi Revolusi Industri 4.0

- 3 Mei 2020, 09:50 WIB

PERKEMBANGAN zaman membuat industri teknologi dan informasi semakin bergerak maju dan berkembang dengan pesat.. Revolusi industri 4.0 mampu mengubah segala sendi kehidupan masyarakat dari mulai pola perilaku, gaya hidup, cara orang berbelanja untuk memenuhi kebutuhan hidup, metode kerja dan transaksi keuangan, peluang bisnis dengan berbagai kompleksitas adaptasi dan tranformasi pengalaman hidup dalam aktivitas keseharian masyarakat Indonesia.

Kemajuan teknologi memungkinkan terjadinya otomatisasi hampir di semua bidang. Teknologi dan pendekatan baru yang menggabungkan dunia fisik, digital, dan biologi secara fundamental akan mengubah pola hidup dan interaksi manusia (Tjandrawinata, 2016).

Seiring berjalannya waktu, laju perkembangan revolusi industri 4.0 pun menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi, tidak hanya sumber daya manusia yang mumpuni dalam penguasaan IPTEk, peralatan atau tools yang harus lengkap, akan tetapi yang lebih besar tantangan itu adalah penyebaran wabah covid – 19, dimana semua sendi kehidupan seolah perlahan mulai terjadi keterlambatan bahkan cenderung stagnan bila tidak disikapi dengan pemikiran yang inovatif di bidang bisnis.

Di tengah berkecamuknya kehidupan masyarakat karena merebaknya virus corona, membuat setiap orang hidup dalam ketidakpastian (uncertainty) global, oleh karena itu kita harus memiliki kemampuan untuk berinovasi dengan menciptakan ide bisnis yang sesuai dengan kondisi saat ini.

Bahkan setiap negara harus merespon perubahan alam dan persaingan teknologi secara terintegrasi dan komprehensif. Respon tersebut dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan politik global, mulai dari sektor publik, swasta, akademisi, hingga masyarakat sipil sehingga tantangan pandemic covid – 19 di era revolusi industri 4.0 dapat dikelola menjadi peluang.

Wolter mengidentifikasi tantangan revolusi industri 4.0 sebagai berikut;
1) masalah keamanan teknologi informasi;
2) keandalan dan stabilitas mesin produksi;
3) kurangnya keterampilan yang memadai;
4) keengganan untuk berubah oleh para pemangku kepentingan; dan
5) hilangnya banyak pekerjaan karena berubah menjadi otomatisasi.

Di bawah ini adalah deskripsi kajian serta peluang dan tantangan dalam berbagai bidang menghadapi revolusi industry 4.0 di tengah mewabahnya Covid-19:

Bidang ekonomi, peluang dan tantangannya di antaranya, globalisasi, produksi cairan disinfectan, penyedia obat-obatan, penyedia masker dan sarung tangan, penyediaan alat pelindung diri, jasa kurir, e-business, fintech, cloud atau big data, penyedia tools belajar online,  klinik kesehatan, jasa pembuatan web dan design online,  artificial intelligence, robotic, mobil tanpa pengendara, drone, dan percetakan 3-d.

Bidang pendidikan, sosial budaya, dan politik. di antaranya, belajar dalam jaringan (daring), konsultan online, ijazah digital, meeting dengan video conference, pembayaran uang sekolah online, social distancing, physical distancing, pembatasan social berskala besar, media online, diseminasi kebijakan online.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Komentar

Terkini

Cadangan Uang

9 Juli 2020, 21:17 WIB

“Sense of Crisis” ala Islam

9 Juli 2020, 08:58 WIB

Menyoal PHK di Tengah Wabah Pandemi

8 Juli 2020, 09:23 WIB

Adakah Inflasi dalam Islam?

7 Juli 2020, 14:27 WIB

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X