Memutuskan Fenomena Secara Benar-Baik

- 27 Mei 2020, 17:20 WIB

Judul: Metode Statistika Bisnis untuk Bidang Ilmu Manajemen  
Penulis: Prof Ratih Hurriyati & Dr Muji Gunarto
Penerbit: PT Refika Aditama
Cetakan: 2019
Halaman: 250
ISBN: 978-623-706-0079
Harga: Rp88.000

TERUTAMA pada musim pandemi penyakit sekarang, bahkan termasuk di dalammya pandemi informasi, kita kerap menemukan berbagai praduga dan asumsi yang tak berdasar. Prakiraan suatu hal yang berdasarkan perasaan, imajinasi kian mudah ditemukan.

Bukannya mengurai apalagi memprediksi sebuah hal secara ilmiah dan akurat, yang terjadi kemudian adalah kondisi tambah ruwet. Tambah pelik jika subyektivitas, apalagi berbau preferensi fanatis, masuk di dalamnya.

Boleh jadi situasi itu terjadi karena kita belum punya budaya akademik yang kuat nan mengakar. Bahwa sebuah opini dan apalagi keputusan haruslah merujuk pada tahapan-tahapan pengambilan kesimpulan secara bertahap dan berdasar.

Maka, seyogyanya, kerangka berpikir penuh dasar dan argumen bisa menjejak buku yang satu ini. Sebuah pengumpulan , analisa, hingga pelukisan sebuah data dilakukan dalam kerangka teori dan metode yang baik dan benar.

Metode tersebut adalah metode statistik, yang mana fungsi utamanya membantu peneliti/masyarakat membuat keputusan-keputusan relatif tentang paramter populasi dari mana data sampel diambil. Ini erat kaitannya dengan fungsinya dalam menyusun model dan rancangan penelitian, merumuskan hipotesis, mengembangkan instrumen penelitian data, serta yang utama pengumpulan-penyederhaan-penganalisisan data.

Secara teknis, buku karya Guru Besar Manajemen UPI ini terdiri atas 11 bab, yang meliputi statistik deskriptif dan induktif. Juga, uji-uji statitik parametrik dan non parametrik yang terutama berguna bagi mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Statistik serta Analisis Statistik Bisnis. Dituliskan pula panduan praktis penggunaan perangkat lunak statistik, SPSS, yang aplikatif.

Pada dasarnya, buku ini bisa digunakan di semua perguruan tinggi terutama yang di dalamnya ada mata kuliah wajib terkait statistik deskriptif dan statistik inferensial. Melalui cara ini, sebagaimana ditulis penulis di epilog bukunya, maka hipotesis dalam sebuah fenomena bisa dibuktikan secara ilmiah. Bukan sekedar prasangka, dugaan, apalagi fanatisme.


Pengirim:
Muhammad Sufyan Abdurrahman
Dosen Prodi Digital Public Relations FKB Telkom University
sufyandigitalpr@gmail.com

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X