Cadangan Uang

- 9 Juli 2020, 21:17 WIB
Ilustrasi. (net) /

Jika kita membahas tentang cadangan uang, maka ini berkaitan dengan inti kebijakan moneter. Lalu apa sih inti kebijakan moneter itu? Inti dari kebijakan moneter itu memelihara dan mencapai stabilitas nilai mata uang.

Dalam perkuliahan Ekonomi Makro Islam dengan tema kebijakan  moneter, yang di ampuh oleh Bapak Rachmat Risqy Kurniawan SEI, MM. Beliau menjelaskan bahwa inti dari kebijakan moneter itu adalah menjaga nilai dari mata uang, karena mata uang itu dicetak oleh pemerintah akan tetapi nilainya ditentukan oleh pasar.

Saya sangat menyetujui statement Pak Rachmat Risqy Kurniawan SEI, MM. karena pemerintah memang hanya memiliki wewenang untuk mencetak uang akan tetapi pemerintah tidak bisa menentukan nilai dari uang dan nilai uang hanya bisa ditentukan oleh pasar. Seperti yang telah saya baca pada jurnal yang saya baca tentang kebijakan ini .

Lalu bagaimana dengan cadangan uang yang telah dicetak tersebut? Pak Rachmat Risqy Kurniawan SEI, MM. juga berstatement bahwa dizaman sekarang tidak ada negara yang memiliki cadangan pengganti dari pencetakan mata uangnya. Lalu, apakah negara harus memiliki cadangan dari uang yang di cetak? Ya. Negara harus memilikinya, karena itu adalah dasar dari nilai mata uang negara tersebut dan cadangan nya bisa berupa apa saja seperti emas contohnya.

Sangat berbahaya sekali apabila negara tidak memiliki cadangan pengganti dari percetakan mata uangnya. Karena apabila itu terjadi, bagaimana negara bisa mencetak uang. Jika demikian, maka tak ada pilihan lain untuk negara selain menerbitkan surat utang global yang mana risiko bunga yang kini sudah mulai meningkat.

Seperti yang saya baca di banyak media yang memberitakan bahwa Pemerintah Indonesia ingin berencana cetak uang untuk tangani corona . Dan untuk itu pemerintah harus berhati-hati dalam mengambil keputusan ini. Karena apabila langkah ini di ambil dan negara tidak memiliki cadangan dari uang yang dicetak, maka akan sangat berisiko terhadap kestabilan nilai uang yang beredar.
    

Rizky Fadilla
Mahasiswa semester 4 STEI SEBI
fadillarizky26@gmail.com

Seluruh materi dalam naskah ini merupakan tanggung jawab pengirim. Gugatan, somasi, atau keberatan ditujukan kepada pengirim.

Editor: Dadang Setiawan


Komentar

Terkini

Beda Pendapat

23 Juli 2020, 13:56 WIB

Menyiasati Sengketa Antar Notaris

15 Juli 2020, 19:50 WIB

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X