Resensi Buku: Rujukan di Era Kacau Hukum

- 18 September 2020, 07:57 WIB
Etika Profesi Hukum (fotoi: ist) /

Judul: Etika Profesi Hukum    
Penulis: Dr. Serlika Aprita
Penerbit: PT Refika Aditama, Bandung
Cetakan: Februari 2020
Halaman: 97
ISBN: 978-623-706-0-499
Harga: Rp35.000

GALAMEDIA - Mungkin masih hangat diberitakan, seorang jaksa di pusat kekuasaan yakni Jaksa Pinangki, terlibat skandal hukum mencoreng nama baik. Selain gratifikasi berlimpah, pelanggaran kuasa jelas diperlihatkan secara brutal.  

Bagaimana ceritanya seorang ahli hukum akhirnya malah terkena jeratan hukum itu sendiri? Jika bicara Indonesia, hal tersebut sudah bukan sekali dua kali terjadi. Pinangki adalah contoh kasus ekstrem kesekian, itu pun dengan catatan yang berhasil terungkap.

Sebut sebelumnya para Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), bahkan tak tanggung ketua-nya, Akil Mochtar pada 2012 lalu. Setelah itu, Patrialis Akbar, juga terjerat kasus serupa. Padahal, MK ini kerap disebut sebagai Wakil Tuhan di bumi karena saking tinggi dan berkuasanya dalam kaitan hukum perundang-undangan di negeri ini.

Baca Juga: Renungan Pagi, Ini 3 Perkara yang Tidak Dapat Dicapai dengan 3 Perkara Lainnya

Telaahan pada berbagai fenomena hukum itu diawali pada buku ini secara etimologi/asal usul kata. Etika berasal dari Bahasa Yunani, ethos, yang berarti kebiasaan. Etika ini sering disandingkan dengan kata moral, yang juga berasal dari Bahasa Yunani, mores, yang artinya juga sama: Kebiasaan.

Etika dan moral ini setara dengan makna kata yang lazim dalam Bahasa Indonesia yakni susila. Berasal dari Bahasa Sansekerta, su artinya bagus/indah/cantik sementara sila adalah adab/prilaku/akhlak.

Karena itu, merujuk kombinasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Yunani, etika itu adalah kelakuan atau perbuatan yang baik dan sesuai dengan norma-norma maupun kaidah yang ada dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca Juga: BPJamsostek Telah Serahkan 11,8 Juta Data Penerima Subsidi Upah ke Pemerintah

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Peduli Kanker, Sayangi Diri Anda

24 Oktober 2020, 13:03 WIB

Mengenal Identitas Nasional Kita

19 Oktober 2020, 22:00 WIB

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X