Lima Alasan Pentingnya Mempelajari Geografi

- 22 September 2020, 08:56 WIB
Mustar, S.Pd., M.M.
Mustar, S.Pd., M.M. /istimewa


GALAMEDIA - Kebanyakan orang ketika mendengar istilah geografi, mereka langsung mulai berpikir tentang peta. Tetapi sebenarnya lebih dari itu, untuk memahami mengapa mempelajari geografi itu penting, kita harus terlebih dahulu memahami definisinya.

Geografi adalah studi tentang tempat, lanskap, lingkungan, dan orang, dan bagaimana mereka saling memengaruhi dari waktu ke waktu hingga menjadi seperti sekarang ini. Ini menggabungkan ilmu alam (geografi fisik) dan ilmu sosial (geografi manusia) dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh bidang sains lain.

Setidaknya ada lima alasan mengapa mempelajari geografi menjadi penting dewasa ini. Berikut kelimanya:

Baca Juga: Siapkan Payung dan Jas Hujan, Hari Ini Bandung Berpotensi Diguyur Hujang Sedang

Pertama, untuk mempelajari dan memahami bagaimana sistem fisik dasar dunia bekerja dan memengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Misalnya, peran matahari dalam menyediakan panas dan kehidupan di bumi serta bagaimana angin dan arus laut memengaruhi cuaca.

Ini tidak hanya membantu kita memprediksi dan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk cuaca buruk, tetapi juga bagaimana kita dapat menggunakan sumber daya bumi untuk keuntungan kita.

Kedua, untuk mempelajari tentang budaya lain, tempat tinggal mereka, dan bagaimana lokasi dan iklim mereka memengaruhi gaya hidup mereka.

Baca Juga: Cocok untuk Sarapan, Ini Resep dan Cara Masa Omlet Telur Spesial Ala Rumahan yang Yummy

Ini dapat membantu kita memahami perbedaan mereka serta persamaan yang kita miliki.

Ketiga, untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang masyarakat dan mengapa mereka tinggal di tempat tertentu. Bagaimana urbanisasi mengubah dunia dan masyarakatnya? Mengapa daerah tertentu berkembang sementara yang lain tidak?

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X