Pilkada 2020, Pandemi, dan Praktik Politik Uang Meraih Jabatan

- 22 September 2020, 09:46 WIB
Indra Gunawan /Istimewa

GALAMEDIA - Pemilihan kepala daerah 2020 akan digelar di 270 wilayah di Indonesia. 270 wilayah ini meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota secara serentak pada, 9 Desember 2020 di tengah pandemi. Karenanya tantangan penyelenggaraan pilkada ini tentunya lebih sulit karena harus juga memperhatikan penerapan protokol kesehatan.

Pilkada pandemi tantangan terbesarnya terkait dengan potensi Politik uang. Mengingat saat ini pandemi banyak sekali bantuan sosial yang itu dicairkan melalui pemerintah daerah.

Kendati begitu, penyakit lama Politik uang juga harus dicermati. Tidak bisa kita pungkiri di bulan-bulan memasuki pesta demokrasi sekarang, modus politik uang untuk mengait masa merajalela sampai ke pelosok negeri, demi menjadi kepala daerah di masing-masing daerah.

Baca Juga: Dibuat 515 Tahun Lalu, Belum Selesai pun Patung Karya Michelangelo Ini Dibanderol Nyaris Dua Triliun

Karena di tengah situasi yang terpuruk seperti ini bisa saja masyarakat kita berubah menjadi sangat permisif terhadap politik uang dan bisa berkembang modus-modus baru dengan memanfaatkan pandemi Covid-19.

Praktik Politik uang berpotensi meningkat pada Pilkada 2020, karena digelar di tengah pandemi Covid-19. Apalagi, kepala daerah yang akan maju kembali dalam pilkada rawan menyalahgunakan kewenangan.

Karena kondisi pandemi ini ekonomi kurang baik maka potensi Politik uang juga bisa tinggi dibanding kondisi pada pilkada-pilkada sebelumnya. Karena ada relasinya.

Baca Juga: Alhamdulillah, Bendung Katulampa Bogor Tak Lagi Siaga 1

Modus Politik uang dapat berupa pembagian uang, pembagian sembako, dan pembagian voucher. Dalam kondisi Covid-19, modus politik uang juga bisa saja dalam bentuk pemberian bantuan alat kesehatan, alat pelindung diri (APD), maupun bantuan sosial (bansos).

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Peduli Kanker, Sayangi Diri Anda

24 Oktober 2020, 13:03 WIB

Mengenal Identitas Nasional Kita

19 Oktober 2020, 22:00 WIB

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X