Resensi Buku: Digitalisasi Perpajakan Indonesia

- 5 Oktober 2020, 19:38 WIB
Perpajakan KUP Berbasis Online
Perpajakan KUP Berbasis Online /istimewa


Judul: Perpajakan KUP Berbasis Online
Penulis: Ari Bramasto & Gun Gunawan Rachman   
Penerbit: PT Refika Aditama, Bandung
Cetakan: Januari 2020
Halaman: 182
ISBN: 978-623-706-42-0
Harga: Rp61.000


GALAMEDIA - Barangkali kita pernah mengalami ini: Antrian sesak menyebalkan kala akan laporan pajak pribadi maupun badan usaha setiap mendekati 31 Maret dan 31 April di setiap tahunnya. Suatu hal yang lazim ditemukan di kantor pajak kota manapun di tanah air.

Maka itu, barangkali ada banyak hikmah dari pandemi Corona. Sebab, situasi tersebut, setidaknya mulai tahun ini tak terlihat lagi karena masyarakat berlomba melaporkan pajaknya secara digital alias berbasis internet.

Kewajiban WFH, work from home, di musim pagebluk ini pastinya memaksa orang terus tinggal di rumah seraya tak hindari kewajibannya. Terutama terkait membayar pajak ke negara, baik untuk individu maupun korporasi, yang dimudahkan aneka layanan daring.

Baca Juga: Senang dan Belum Leganya Tenaga Honorer K2 dengan Keluarnya Perpres Nomor 98 Tahun 2020

Memang, layanan daring perpajakan ini bukan mendadak eksis sekarang. Sudah beberapa tahun terakhir ada namun utilisasinya masih rendah.

Tetap banyak orang Indonesia yang merasa lebih sreg datang langsung memberi sumbangsihnya.  

Bahkan, menurut buku yang ditulis duo akuntan-dosen ini, upaya modernisasi perpajakan sudah dihadirkan sejak 2002 lalu. Hal ini sebagai bentuk dukungan pada konsep dasar yang diberikan kepada masyarakat oleh negara.

Baca Juga: Wali Kota Bandung Wacanakan Pembatasan Sosial Berskala Kecil (PSBK)

Yakni konsep self assesment, alias negara beri kepercayaan penuh pada warga negara pembayar pajak untuk mendaftar, menghitung, memperhitungkan, membayar, dan melaporkan SPT/surat pajak tahunan secara mandiri.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X