Yuk, Membuat Sendiri Obat Kumur dari Rempah Herbal Dapur

- 17 Oktober 2020, 10:24 WIB
Foto penulis, Ira Artilia, drg., PhD. (Istimewa) /

GALAMEDIA - Sebuah percobaan penelitian acak di Jepang menyatakan bahwa berkumur-kumur dengan air keran sebanyak 3 kali setiap hari dapat menurunkan angka infeksi saluran pernafasan atas.

Begitu juga di Inggris, berkumur-kumur dengan air garam dapat menurunkan jumlah virus dan risiko penularan. Beberapa penelitian dan laporan dari referensi ilmiah juga menunjukkan hasil yang serupa.

Ini bukan berarti berkumur-kumur dapat membunuh virus, tetapi menurunkan potensi penularan dan jumlah virus yang ada pada rongga mulut dan tenggorokan.

Baca Juga: Berjendela Plastik di Bagian Mulut, Seperti Ini Ternyata Masker Covid-19 Penderita Tunarungu

Standar prosedur kunjungan dan pemeriksaan pasien pada masa kebiasaan baru di klinik dokter gigi juga didahului dengan berkumur-kumur menggunakan larutan povidone iodine selama 30 detik.

Hal ini bertujuan untuk membersihkan dan mengurangi jumlah mikroorganisme termasuk bakteri dan virus di dalam mulut, bukan untuk membunuh virus corona dan sejenisnya.

Laman resmi dan produsen larutan ini juga menyangkal hubungan dan keefektifan berkumur-kumur dengan bahan ini dengan penyakit covid-19.

Jadi, berkumur-kumur adalah kebiasaan baik yang perlu kita lakukan karena berkumur-kumur berpotensi untuk mengurangi jumlah virus, bakteri dan menurunkan risiko penyebaran virus dan infeksi saluran pernafasan atas.

Baca Juga: Cerita Ayu Dibalik Isolasi Mandiri dan Protokol Kesehatan

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Madu Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

30 November 2020, 14:20 WIB

Mencabut Akar Radikalisme

12 November 2020, 08:25 WIB

Resensi Buku: Masalah Hukum Kekinian

4 November 2020, 07:45 WIB

Anak Putus Sekolah, Salah Siapa?

3 November 2020, 15:40 WIB

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X