Peduli Kanker, Sayangi Diri Anda

- 24 Oktober 2020, 13:03 WIB
ilustrasi Kanker Payudara. /Apotek K-24

GALAMEDIA - "Tak perlu seseorang yang sempurna, cukup temukan orang yang selalu membuatmu bahagia dan membuatmu berarti lebih dari siapa pun".

Kutipan yang diambil dari film Habibie & Ainun 3 tersebut masih bisa membuat penulis tersenyum manis tiap kali mendengarnya. Sudah 1 dekade lebih Ibu Hasri Ainun Habibie, atau yang lebih akrab kita kenal sebagai Ainun meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker ovarium.

Penderita kanker di Indonesia jumlahnya terbilang cukup banyak. Data dari Globocan tahun 2018, menyatakan ada sekitar 350 ribu kasus kanker baru di Indonesia, dengan angka kematian mencapai 200 ribu orang per tahun.

Baca Juga: Pagi Buta, Gus Nur Ditangkap Polisi Usai Diduga Menghina Nahdlatul Ulama

Lantas seperti apa sebenarnya penyakit kanker ini? Menurut WHO, kanker adalah pembelahan sel abnormal yang terbentuk karena adanya perubahan (mutasi) pada sel DNA yang terjadi amat sangat cepat.

Sel penyebab kanker ini dapat dimulai hampir pada seluruh organ tubuh, dan kemudian dapat menyerang organ atau bagian tubuh lainnya. Akhirnya, berujung pada kematian. Penderita kanker dapat merasakan beban fisik, emosional, dan finansial yang luar biasa berat.

Wawasan tentang penyakit kanker dan penyebabnya menjadi hal penting bagi kualitas hidup seseorang. Hal tersebut akan meningkatkan kesadaran seseorang untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Klaster Pesantren di Garut Terus Membengkak

Inisiatif untuk melakukan pendeteksian dini terhadap penyakit kanker juga akan timbul. Pendeteksian dini dapat dilakukan dengan cara tes screening, tes pencitraan, dan tes darah lengkap.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X