Dijerat 5 Pasal dalam Kasus Maulid Nabi Muhammad SAW, Habib Rizieq Terancam 6 Tahun Penjara

- 19 Maret 2021, 16:11 WIB
Sidang pembacaan dakwaan Habib Rizieq Shihab.
Sidang pembacaan dakwaan Habib Rizieq Shihab. /Restu/YouTube Channel PN Jaktim

GALAMEDIA - Habib Rizieq Shihab (HRS) didakwa pasal berlapis dalam kasus kerumunan pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putrinya di Petamburan, Jakarta, pada 14 November 2020.

Dalam sidang terungkap, HRS dijerat dengan lima pasal alternatif.

Pertama Rizieq didakwa dengan pasal penghasutan yang tertuang dalam Pasal 160 KUHP. Pasal tersebut mengatur ancaman penjara selama enam tahun atau pidana denda paling banyak Rp4.500.

Terkait hal tersebut, Jaksa merujuk pada pernyataan yang diucapkan HRS pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diselenggarakan oleh Majelis Taklim Al-Afif di Tebet, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Beredar Poster Puan-Moeldoko untuk 2024, Rocky Gerung: Sinyal Perlawanan kepada Jokowi

Jaksa penuntut menyebutkan HRS melakukan penghasutan kepada masyarakat dalam ceramahnya pada acara tersebut agar menghadiri Maulid Nabi dan pernikahan putrinya di Petamburan.

"Hasutan menghadiri peringatan Maulid Nabi dan acara pernikahan putri terdakwa di Petamburan merupakan perbuatan pidana yang bertentangan dengan penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan mengingat kondisi Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya dalam keadaan darurat kesehatan masyarakat," kata jaksa penuntut umum saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jumat, 19 Maret 2021.

Baca Juga: Enzy Salah Tingkah Saat Dikta Jelaskan Lamaran, Netizen Jadi Gemes

Selanjutnya, Jaksa pun menjerat HRS dengan Pasal 216 KUHP karena melawan petugas. Ancamannya, pidana penjara paling lama 4 bulan atau pidana denda paling banyak Rp9.000.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X