Ratusan Karyawan Pabrik Tekstil Muntah-Muntah, Diduga Keracunan Ikan Tongkol

- 5 Desember 2019, 21:15 WIB
ilustrasi /dok

RATUSAN karyawan PT Mataram Tunggal Garment (MTG) di Dusun Balong, Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dilarikan ke RS Panti Nugroho Pakem karena mengalami lemas dan pucat yang diduga akibat keracunan makanan, Kamis (5/12/2019). Karyawan tekstil yang tiba di RS Panti Nugroho tersebut langsung mendapat penanganan dari tim medis.

Ada yang kondisinya muntah-muntah bahkan sampai sempat tak sadarkan diri. Bahkan ada pasien ada yang tergeletak berjajar di atas lantai rumah sakit.

"Dugaan sementara para pasien menderita keracunan. Namun, dokter belum bisa memastikan penyebab keracunan. Apakah dari makanan atau hal lain," kata Direktur RS Panti Nugroho, dr. Tandean AW.

Menurut dia, pasien karyawan tekstil tersebut mulai berdatangan sejak pukul 13.30 WIB. Ada juga para pasien berdatangan secara bergelombang. "Keluhannya mual, muntah, pusing," katanya.

Ia mengatakan, sesuai prosedur, dokter menangani pasien dengan obat, sesuai keluhan. Hingga pukul 16.00 WIB ada 101 orang yang dinyatakan sudah membaik dan diperbolehkan pulang.

"Kemudian dua orang diobservasi dan dua orang lagi yang masuk untuk segera ditangani. Semua kami tangani dan kami beri obat," katanya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, dr. Novita Krisnaeni mengatakan belum bisa memastikan penyebab keracunan.

"Belum diketahui penyebab gejala keracunan, karena untuk memastikan hal itu dibutuhkan uji lanjutan," katanya.

Ia mengatakan, ada tiga katering yang melayani ribuan karyawan perusahaan tersebut. Sehingga belum diketahui dari katering mana yang menyebabkan para karyawan keracunan. "Jadi tunggu hasil lab dulu," katanya

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X