Polda Jabar Turunkan 18 Ribu Personel untuk Pengamanan Natal dan Malam Tahun Baru

- 6 Desember 2019, 10:57 WIB

POLDA Jawa Barat turunkan 18 ribu personil untuk pengamanan natal dan malam tahun baru.

Belasan ribu personel tersebut, akan disebar di Kota Bandung maupun kota/kabupaten lain di Jawa Barat dengan pengamanan bersandi 'Operasi Lilin Lodaya 2019'.

"Dari kami kepolisian ada 18.330 ribu personel. Unsur dukungan dari TNI dan Pemda serta unsur lainnya sebanyak 9.229 personel," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Jumat (6/12/2019).

Dalam pelaksanaan nanti, seluruh unsur yang terlibat telah melakukan rapat koordinasi. Mereka nantinya akan melakukan pengamanan dari berbagai sektor hingga dengan ancaman teror.

Adapun pelaksanaan Ops Lilin akan digelar selama 10 hari terhitung dari mulai 23 Desember hingga 1 Januari 2020.

"Yang jadi perhatian kemacetan, kriminalitas, laka lantas, konflik sosial dan aksi terorisme. Pengamanan aksi terorisme dilakukan pada pusat-pusat keramaian, hotel, tempat ibadah, dan lain-lain," ucap dia.

Untuk mendeteksi adanya ancaman pihak intelejen pun langsung di turunkan. Mereka melakukan pengumpulan informasi dan pemetaan rawan ancaman yang dapat menggangu natal dan tahun baru nanti.

Kesiapan tak hanya dari segi pengamanan. Kesiapan logistik seperti sembako dan bahan bakar kendaraan pun turut dilakukan antisipasi. Hal itu dilakukan untuk memantau harga sembako dan pasokan BBM.

"Sementara Basarnas dan BPBD membentuk satgas penanggulangan bencana alam di wilayah dan siapkan perlengkapan penanggulangan bencana alam," kata Truno.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X