Eksepsi Luke Ditolak, Persidangan Perkara Pemalsuan Akta Otentik Dilanjutkan

- 14 Januari 2020, 16:27 WIB

MAJELIS Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung menolak eksepsi yang diajukan oleh Rachmat Surya Puluhulawa alias Luke, terdakwa dalam perkara dugaan pemalsuan akta otentik. Dalil-dalil yang disampaikan terdakwa dalam eksepsinya dinilai sudah masuk kedalam pokok perkara.

 

Hal itu terungkap dalam sidang yang digelar di PN Bandung, Jln. L.L.R.E Martadinata, Kota Bandung, Selasa (14/1/2020). Ketua Majelis Hakim, Edison M memutus persidangan perkara dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan pokok perkara.

"Menolak eksepsi terdakwa seluruhnya dan memerintahkan Jaksa Penuntut Umum melanjutkan persidangan dengan pemeriksaan saksi-saksi," tutur Hakim Edison.

Dalam perkara ini, Luke didakwa telah melakukan perbuatan melanggar hukum berupa menyuruh dan memasukan keterangan palsu di akta otentik. Ia didakwa melanggar tiga pasal sekaligus dan terancam hukuman maksimal 7 tahun penjara.

Berdasarkan dakwaan JPU, Luke dinilai telah melakukan perbuatan menyuruh memasukan keterangan palsu ke akta otentik (akta waris). Padahal terdakwa mengetahui kalau keterangan yang ditulisnya dalam akta ahli waris itu tidak benar.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X