Mulai 1 Juni, Polda Jabar Siap Kawal Pelaksanaan Kehidupan Normal Baru

- 27 Mei 2020, 15:48 WIB

POLDA Jabar tengah menyiapkan pengawalan penerapan new normal atau fase kehidupan normal baru yang rencana akan diberlakukan pada 1 Juni mendatang.

"Teknisnya sedang dibahas. Jumlah personelnya tentunya sesuai dengan yang sudah disampaikan oleh Pak Gubernur. Kita akan sesuaikan dengan TNI termasuk Satpol PP," jelas Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga kepada wartawan usai menghadiri kegiatan rapat terbatas percepatan penanganan Covid -19 di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (27/6/2020).

Ia mengatakan, penindakan terhadap para pelanggar protokol new normal dilakukan secara persuasif berdasar standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku. Personel juga tidak akan membawa senjata dalam melakukan pengawalan.

"Langkah yang dilakukan persuasif, nanti pendampingan peneguran untuk tetap menyesuaikan dengan SOP maupun dari ketentuan yang mengatur untuk new normal. Enggak (bawa senjata)"jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku sudah menyiapkan sanksi berupa denda kepada pribadi maupun pelaku kegiatan ekonomi. Namun demikian, denda yang bakal dikenakan pada pelanggar masih belum ditentukan dan akan segera menyosialisasikannya.

"Ya sama kalau dulu istilahnya kita sudah lewat masa hanya mengimbau, masuklah kategori denda. Ini denda sudah dilakukan di beberapa tempat. Denda kepada pribadi maupun denda kepada pemilik toko. Itu yang penting harus ada surat pernyataan supaya nanti kalau melanggar bisa ditutup karena dia tidak patuh. Nominalnya nanti kita sosialisasikan," katanya.

Editor: Brilliant Awal


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X