Warga Jabar Tak Perlu Panik, Dispensasi Perpanjangan SIM Ditambah Hingga 29 Juni 2020

- 3 Juni 2020, 12:58 WIB
Suasana di lokasi pembuatan SIM di Polrestabes Bandung, Rabu (3/6/2020).

DIREKTORAT Lalu lintas Polda Jabar kembali memberikan dispensasi pada warga yang hendak melakukan perpanjangan masa Surat Izin Mengemudi (SIM) sejak tanggal 29 Mei hingga 29 Juni 2020 mendatang. Sebelumnya, dispensasi perpanjangan SIM diberikan sejak tanggal 24 Maret hingga 29 Mei 2020.

"Ada (dispensasi) yang perpanjangan. Nanti ditambah lagi sampai 29 Juni. Setelah tanggal itu nanti yang perpanjangan apabila mati akan dikenakan penerbitan baru," jelas Dirlantas Polda Jabar, Kombes Pol. Eddy Djunaedi saat dihubungi melalui telepon, Rabu (3/6/2020).

Masih dikatakan Eddy, dengan demikian, masyarakat yang hendak memperpanjang SIM tak perlu khawatir dan berbondong datang ke Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas). Polri berempati atas kondisi virus corona yang belakangan ini merebak sehingga memberikan kemudahan.

"Yang mati (masa berlakunya) enggak usah takut karena masih bisa diperpanjang sampai tanggal 29 Juni. Tapi setelah itu jika yang mati, diproses dengan penerbitan baru," ucap dia.

Jika ada anggota yang memberikan informasi salah kepada masyarakat terkait masa berlaku SIM habis disaat masih diberlakukannya dispensasi perpanjangan dan harus buat SIM baru, agar dicatat nama anggota tersebut dan laporkan ke Provos di masing-masing Polres atau Polda Jabar.

"Kita harus memberikan pelayanan yang maksimal dan baik bagi masyarakat disaat pandemi ini. Jangan merugikan masyarakat. Jika ditemukan seperti itu jangan sungkan sungkan catat nama anggota tersebut dan laporkan. Kami pun agan segera menindak anggota tersebut," tegas Eddy.

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X