VA Bersiap Pindah Lapas, Pengacara Ajukan PK

- 3 Juni 2020, 21:16 WIB
Kasi Pidum Kejaksaan Negeri (Kejari) Garut, Dapot Dariarma.

VA, pemeran utama video asusila 'Vina Garut' harus bersiap pindah ke Lapas wanita di Bandung setelah petikan putusan diterima kuasa hukumnya. Hal tersebut menyusul turunnya hasil banding dari Pengadilan Tinggi Bandung yang menguatkan putusan Pengadilan Negeri Garut.

"Ya harus bersiap jika harus dipindah ke Bandung. Karena masih pandemi, makanya masih ditunda untuk pindah. Saat ini VA berada dalam kondisi sehat," ujar pengacara VA, Asri Vidya, Rabu (3/6/2020).  

Asri membenarkan, jika banding ke Pengadilan Tinggi Bandung hasilnya menguatkan putusan Pengadilan Negeri Garut. Menurutnya, jika salinan putusan sudah diterima, pihaknya akan mengajukan Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung.

"Kami akan mengajukan PK. Tapi nunggu putusan inkrah," ucapnya.

Asri juga juga meminta agar telepon genggam milik VA yang disita jaksa untuk segera dikembalikan. Permintaan itu, terangnya, sesuai dengan putusan dari pengadilan.

Asri menyebutkan, selain mengajukan PK, pihaknya juga berencana mengajukan Judicial Review ke Mahkamah Konstitusi terkait isi pasal 8 Undang-undang Pornografi. Ia menilai pasal tersebut inskonstitusional.

"Judicial Review ini bukan hanya untuk VA saja. Tapi untuk kepentingan semua perempuan juga. Pasal 8 ini baru hidup hanya di kasus VA saja," katanya.

Ajukan Kasasi
Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Garut, Dapot Dariarma, menuturkan putusan dari Pengadilan Tinggi tersebut menguatkan hasil dari Pengadilan Negeri Garut terkait banding yang diajukan pengacara VA.

"Dari putusan itu, kami juga akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA)," ucapnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Komentar

Terkini

X