Polisi Harus Memberikan Berita yang Baik pada Masyarakat

- 6 Agustus 2020, 20:34 WIB
Siswa SPN Polda Jabar yang mengikuti Pelatihan Bintara Jurnalistik fungsi kehumasan mengunjungi kantor HU Galamedia, Kamis, 6 Agustus 2020. /


GALAMEDIA - SPN Polda Jabar menggelar Pelatihan Bintara Jurnalistik fungsi kehumasan kepada 25 Bintara Polisi bagian humas kepolisian di jajaran Mapolda Jabar. Hal tersebut salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan personel.

Kasubdid Penmas Bidhumas Polda Jabar, AKBP Santi Gunarni mewakili KabidHumas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga, mengatakan sosialisasi pelatihan ini adalah salah satu bagian program prioritas Kapolri mengenai manajemen berita.

"Tugas polisi melayani, melindungi, mengayomi, termasuk memberikan berita baik pada masyarakat," jelas Santi disela sela mendampingi ke-25 Bintara pelatihan Jurnalistik saat mengunjungi kantor Harian Umum Galamedia, Kamis, 6 Agustus 2020.

Baca Juga: Jika Tidak Memiliki Sarananya, Jangan Memaksakan Diri Belajar Secara Daring

Menurutnya, peran kehumasan sangat penting untuk membangun citra serta membangun kemitraan antara polisi dengan elemen masyarakat lain. Ditambah pada era teknologi informasi yang terus berkembang, kemampuan personel untuk bidang kehumasan perlu terus dilatih agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan kemajuan teknologi informasi.

"Dengan adanya kerjasama dalam memberikan Pelatihan Jurnalistik kepada bintara dari Galamedia, merupakan keuntungan besar buat kami. Pasalnya Bintara tidak mendapatkan pendidikan bagaimana tata cara membuat berita, kode etik jurnalistik dan lain lain," jelas Santi.

Ia mengatakan, polisi tidak dididik sebagai kameramen atau fotografer, tetapi pada era globalisasi ini polisi pun dituntut harus bisa menguasai jurnalistik dan memanfaatkan media sosial dalam menyampaikan pesan positif mengenai tugas kepolisian kepada masyarakat.

Baca Juga: Baku Tembak dengan Polisi, Perampok Toko Tewas Diberondong Peluru

"Banyak kegiatan kepolisian yang murni tanpa rekayasa tidak tersampaikan terutama melalui media sosial," jelasnya. ***

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X