Berdalih untuk Kerjaan Proyek, Tiga Warga Bandung Barat Gelapkan 24 Mobil Rental

- 23 Oktober 2020, 15:49 WIB
Jajaran Polres Cimahi berhasil menangkap tiga tersangka yang diduga melakukan penipuan dan penggelapan sebanyak 24 unit mobil rental. /Laksmi Sri Sundari/

GALAMEDIA - Jajaran Polres Cimahi berhasil menangkap tiga tersangka yang diduga melakukan penipuan dan penggelapan sebanyak 24 unit mobil rental. Mobil rental tersebut digadaikan para tersangka hingga korban mengalami kerugian Rp 120 juta.

Ketiga tersangka yaitu Asep Wikayandi, Engkos Kosasih, dan Ayi Kurnia, ketiganya merupakan warga Kabupaten Bandung Barat.

"Pada tanggal 15 Oktober 2020, datang seorang laki-laki melaporkan tentang dugaan tindak penipuan dan penggelapan ke Polsek Cikalong Wetan. Korban atas nama Gilang dan rekannya melaporkan tindak penipuan dan penggelapan mobil rental sebanyak 24 unit," ungkap Kapolres Cimahi, AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki di Mapolres Cimahi Jln. Amir Mahmud, Jumat 23 Oktober 2020.

Baca Juga: Kirab Budaya Ngarak Cai: Jaga Lingkungan Hidup dan Dongkrak Kepariwisataan Kota Cimahi

Kemudian, kata Yoris, Kapolsek Cikalong Wetan, AKP Udin Taryana berkoordinasi dengan Kasat Rekrim Polres Cimahi, AKP Yohannes Sirigoi langsung membentuk tim melakukan penyelidikan.

"Dan akhirnya tidak sampai 24 jam telah dilakukan penangkapan terhadap 1 orang pelaku atas nama Asep. Saudara Asep ini ternyata pada saat dilakukan penangkapan mengakui yang bersangkutan melakukan penipuan sebanyak 24 unit mobil kepada 2 tempat rental," ungkap Yoris.

Menurutnya, modus yang dipakai pelaku yaitu berpura-pura mengajak pemilik rental bekerjasama untuk penyewaan mobil dalam jangka waktu lama dengan menjanjikan sejumlah uang setiap bulannya. Para pelaku melancarkan aksinya sejak bulan Juni hingga Juli 2020 lalu. Pembayaran yang seharusnya dilakukan setiap bulan, tidak pernah terlaksana.

Baca Juga: Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman Bakal Dibunuh

"Tersangka Asep meyakinkan 2 pemilik rental untuk memberi sewa kendaraan dengan harga Rp 5 juta/bulan. Namun, kendaraan kemudian diserahkan ke tersangka Engkos dan Ayi yang melakukan pengalihan atau menggadaikan mobil rental ke pihak lain seharga Rp15 juta-Rp25 juta," terang Yoris.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X