Film Korea Tembus Kategori Bergengsi, Jelang Oscar Februari Mendatang Joker Kantongi 11 Nominasi

- 14 Januari 2020, 09:38 WIB
/dailymail

Mendapat kritik sebelum rilis dan mencatatkan rekor pendapatan, Joker menjadi film dengan nominasi terbanyak di ajang penghargaan Oscar 2020 yang akan digelar pada 9 Februari mendatang. Dikutip dari DailyMail, Selasa (14/1/2020) film yang dibintangi Joaquin Phoenix tersebut dinominasikan dalam 11 kategori.

Menyusul karya yang diangkat dari komik gelap Joker tersebut, The Irishman, Once Upon a Time di Hollywood dan World War 1917 yang mendapat 10 nominasi. Ketiga tayangan Netflix tersebut masuk dalam kategori film terbaik selain  Parasite, Little Women, Marriage Story, Jojo Rabbit dan Ford vs Ferrari.

Joaquin Phoenix is Joker.

Parasite, karya sineas Korsel mampu menembus kategori bergengsi.

Disambut para pencinta film ajang Oscar kali ini mendapat sorotan terkait  kurangnya nomine perempuan dan sutradara dari etnis minoritas. Hanya ada satu aktor non-kulit putih dan bintang Inggris Cynthia Erivo yang dinominasikan tahun ini untuk perannya sebagai ikon anti-perbudakan Harriet Tubman di film  Harriet.

Kategori sutradara terbaik tahun ini juga didominasi pria untuk ke-87 kalinya. Tak ada nama Greta Gerwig dalam daftar  nominasi meski karyanya Little Women jadi pesaing film terbaik. Di luar itu Scarlett Johansson menjadi nomine di dua kategori yaitu aktris terbaik (Marriage Story) dan aktris pendukung terbaik (Jojo Rabbit). Capaian serupa tercatat atas nama Cate Blanchett tahun 2007.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X