Catat! Ini 14 Manfaat Kentang, Mulai dari Menjaga Kesehatan Kulit Hingga Menyehatkan Otak

- 24 Oktober 2020, 13:33 WIB
Manfaat kentang. ILUSTRASI Kentang /PIXABAY/

GALAMEDIA - Kentang bisanya dijadikan salah satu pengganti karbohidrat yang sering dipakai selain nasi dan singkong. Cara memasak kentang yang mudah dan harganya yang murah juga cara membuatnya sering dipilih oleh masyarakat.

Kentang memiliki kandungan karbohidrat tinggi sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti nasi. Namun selain memiliki manfaat sebagai pengganti nasi, kentang juga punya manfaat lainnya, lho.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Kentang Keju Goreng yang Gurih dan Creamy, Camilan Favorit Keluarga

Berikut manfaat kentang seperti yang dikutip galamedia dari laman sehatq:

1. Cocok untuk diet bebas gluten
Bagi Anda yang alergi gluten, kentang bisa dijadikan pengganti nasi yang tepat. Tidak hanya baik untuk penderita intoleransi gluten, orang yang mengalami penyakit celiac yang sensitif terhadap gluten juga bisa mengonsumsi kentang.

2. Membuat kenyang
Kentang bisa menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi yang tepat bagi kamu yang sedang diet menurunkan berat badan. Pasalnya, selain memiliki kalori yang lebih rendah, kentang juga dapat membuat Anda lebih kenyang sehingga mengurangi konsumsi makanan lainnya.

Kentang memiliki protein yang dikenal sebagai potato proteinase inhibitor 2 (PI2) yang mampu mengurangi nafsu makan dan memicu produksi cholecystokinin (CCK) yang menimbulkan rasa kenyang.

Baca Juga: Ridwan Kamil ke Masyarakat Menengah Atas: Perbanyak Belanja, Menabung Nanti Saja

3. Melindungi organ jantung
Kentang juga bermanfaat melindungi organ jantung. Ini karena kentang mengandung vitamin C, vitamin B6, serat, dan potasium yang baik bagi kesehatan jantung.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X