Perceraian Meningkat di Tengah Pandemi Covid-19? Ini Faktanya juga Tips Terhindar dari Perpisahan

- 26 November 2020, 16:26 WIB
Foto Ilustrasi Pasutri. Tangkap Layar YouTube/Rans Entertainment /

 

GALAMEDIA - Situasi pandemi Covid-19 ternyata berdampak pada kehormonisan rumah tangga. Ini menandakan dampak pandemi Covid-19 rupanya tak melulu soal kesehatan, kehidupan sosial, dan ekonomi. Faktanya, keharmonisan rumah tangga bisa ikut terpengaruh!

Mengapa banyak pasangan yang memutuskan cerai di masa pandemi? Adakah cara yang bisa ditempuh untuk menghindarinya?

Perceraian Meningkat di Masa Pandemi Virus Corona
Meningkatnya angka perceraian di tengah pandemi itu sempat disinggung langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi, Senin (23/11). Dikutip galamedia dari laman klikdkter, Menag pun meminta agar KUA setempat bisa melakukan penyuluhan pada setiap pasangan saat masa pembinaan pranikah dan setelah menikah.

Baca Juga: Makna Hidup dari Pesan 'Logoterapi' di Tengah Pandemi yang Bisa Redamkan Depresi

Fenomena perceraian di masa pandemi ini ternyata tak hanya terjadi di Indonesia. Mengutip laman Natlaw Review, pada April lalu, tercatat peningkatan kasus perceraian sebesar 34 persen di Amerika Serikat.

Masih berdasarkan laman yang sama, jika dibandingkan tahun 2019, 20 persen peningkatan perceraian terjadi pada pasangan yang baru menikah selama lima bulan atau kurang.

Beberapa peneliti memprediksi, kasus perceraian yang terjadi memang akan terus meningkat 10-25 persen sampai akhir tahun.

Kasus Perceraian Meningkat
Meski tidak diketahui pasti berapa banyak jumlah perceraian yang terjadi selama masa pandemi Covid-19, kondisi ini tentu meresahkan. Lantas, apa penyebab perceraian terjadi di masa pandemi seperti sekarang? Dipaparkan psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi., berikut beberapa alasannya:

Baca Juga: Saat Pandemi, Unisba Gelar Konferensi Internasional dengan Pembicara dari Jepang dan Thailand

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X