5 Cara Mengatasi Batuk Secara Alami, Bahannya Sederhana dan Mudah Didapat

- 27 November 2020, 09:40 WIB
ilustrasi batuk /Sumber/Pixabay/

GALAMEDIA - Bagi Anda yang enggan meminum obat, mengobati seuatu penyakit secara alami menjadi alternatif. Sebab, tidak sedikit bahan alami yang bisa dijadikan obat untuk mengobati suatu penyakit.

Misalnya mengobati batuk. Ada beberapa obat batuk alami yang mudah ditemukan dan cukup efektif meredakan batuk. Namun, penggunaannya perlu diperhatikan, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Batuk merupakan respons alami tubuh dalam membersihkan saluran pernapasan dari dahak dan penyebab iritasi. Meski sebagian besar batuk ringan akan sembuh dengan sendirinya, rasa tidak nyaman yang ditimbulkan membuat banyak orang memilih untuk mengonsumsi obat batuk, termasuk obat batuk alami.

Baca Juga: Terbaru, Harga Emas Hari Ini, Jumat 27 November 2020, Ada yang Turun, Stabil, dan Naik

Memanfaatkan Obat Batuk Alami di Sekitar Anda
Dikutip galamedia dari laman alodokter, ada berbagai macam bahan alami yang umum dimanfaatkan sebagai obat batuk alami, antara lain:

1. Madu
Anda dapat mengambil manfaat madu sebagai obat batuk alami. Sebuah studi menunjukkan bahwa madu dapat membantu meredakan batuk, bahkan terbukti lebih efektif dibandingkan dextromethorphan yang kerap digunakan untuk meredakan batuk kering.

Cara memanfaatkan madu sebagai obat batuk alami cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 2 sendok teh madu ke dalam air hangat atau teh herbal yang telah diseduh. Anda juga bisa menambahkan perasan air lemon sesuai selera.

2. Air garam
Jika batuk disertai tenggorokan gatal, cobalah untuk berkumur dengan air garam. Cukup campurkan ½ sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat dan gunakan untuk berkumur. Air garam dapat meredakan bengkak pada tenggorokan sekaligus bersifat sebagai antiseptik, sehingga batuk dapat teratasi atau hilang.

Baca Juga: Gantikan Ma'ruf Amin, Kiai Miftah Jabat Ketua Umum MUI 2020-2025

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X