5 Penyakit Musim Hujan yang Biasa Menyerang Anak-Anak, Begini Tips Setelah Anak Main Hujan

- 27 November 2020, 10:55 WIB
Ilustrasi hujan. /Pixabay


GALAMEDIA - Ada penyakit yang ditimbukan karena faktor cucau. Seperti pada musim hujan. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak orang yang mulai menjaga kesehatannya agar terhindar dari penyakit yang sering muncul saat musim hujan tiba.

Tapi lain berbeda bagi si Kecil, sebab melihat hujan turun justru membuatnya tertarik untuk bermain air hujan. Kegiatan mandi air hujan merupakan salah satu aktivitas yang digemari hampir sebagian besar anak-anak.

Merasakan rintikan air hujan dan bermain di genangan air menjadi aktivitas yang menyenangkan. Namun bagi orang tua, musim hujan juga memberi kekhawatiran tersendiri karena anak rentan mengalami berbagai penyakit sebagai berikut seperti yang dikutip galamedia dari laman klikdokter:

Baca Juga: Terbaru, Harga Emas Hari Ini, Jumat 27 November 2020, Ada yang Turun, Stabil, dan Naik

1. Demam Berdarah Dengue (DBD)
DBD disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini dapat berkembang biak di air tergenang, yang banyak ditemukan saat musim hujan tiba.

Gejala utama dari penyakit DBD adalah demam yang mendadak tinggi, hingga bisa mencapai 40° dan terjadi di malam hari, dan disertai gejala lainnya.

Beberapa gejala yang bisa menyertainya antara lain nyeri kepala, nyeri belakang bola mata, nyeri otot dan sendi, wajah kemerahan atau ruam di kulit, bintik merah pada kaki dan tangan, mual dan muntah serta nyeri perut.

Pada anak, DBD harus dianggap serius karena anak lebih mudah mengalami kondisi syok dan bisa berakibat fatal.

2. Gastroenteritis
Gastroenteritis merupakan penyakit yang menyerang saluran cerna dan dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, parasit ataupun jamur.

Gejala yang sering dialami adalah diare, demam, nyeri perut, sakit kepala, nafsu makan tidak ada atau berkurang, lemah, mual, muntah, mialgia (nyeri otot), hingga rewel dan gelisah.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X