Ketahui Penyebab dan Cara Mengantisipasi Trigger Finger  

- 28 November 2020, 11:06 WIB
Foto membunyikan persendian jari tangan.*/ /Tangkap layar Instagram.com/@doctor.online.id/Instagram.com/@doctor.online.id

 


GALAMEDIA - Kebanyakan mengetik atau memegang gadget biasanya timbul kaku atau sakit pada jari tangan. Bisa jadi Anda mengalami kondisi trigger finger, yaitu kondisi ketika jari terkunci (kaku) pada posisi menekuk atau meregang.

Rasa nyeri tersebut terjadi karena selubung pelindung yang mengelilingi tendon jari mengalami peradangan. Peradangan inilah yang menyebabkan tendon tidak bisa bergerak secara leluasa sehingga jari tangan kaku dalam satu posisi.

Biasanya seseorang yang mengalami trigger finger, seperti yang dikutip galamedia dari berbagai sumber, akan merasakan nyeri di pangkal jarinya, terutama saat menekuk atau meluruskan jari.

Baca Juga: Dipasangin Gelang, Munas ke V PKS Menerapkan Protokol Kesehatan Tingkat Tinggi

Tidak hanya merasa nyeri, trigger finger juga akan menyebabkan munculnya gejala lain, seperti benjolan di pangkal jari, dan terdengar bunyi saat jari ditekuk atau diluruskan.

Hingga kini penyebab trigger finger ini memang belum diketahui secara pasti. Dugaan yang memicu terjadinya trigger finger antara lain karena melakukan aktivitas yang membuat ibu jari atau jari mendapat tekanan kuat. Selain itu, menggenggam objek dengan sangat kuat dalam waktu lama.

Dan pernah mengalami cedera di bagian telapak tangan atau pangkal jari. Serta memiliki kondisi medis tertentu, seperti rheumatoid arthritis, diabetes, dan asam urat. Biasanya trigger finger juga lebih sering terjadi pada wanita dan orang yang usianya di atas 45 tahun.

Pengobatan Trigger Finger
Untuk mengobati trigger finger banyak ragamnya. Hal ini bergantung pada tingkat keparahan dan lamanya kondisi tersebut terjadi. Pengobatan yang bisa diberikan antara lain:

Baca Juga: Ketika Mimpi Guru Ngaji Mengalahkan Kondisi, Kakinya Alami Pembusukan

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X