Kedinginan? Ini 10 Makanan yang Cocok saat Musim Hujan untuk Hangatkan Badan dan Manjakan Lidah

- 28 November 2020, 15:17 WIB
ilustrasi bakso /pixabay

GALAMEDIA - Sering kali makanan yang dikonsumsi disesuaikan dengan kondisi, baik waktu maupun tempat. Misalnya, ada makanan yang cocok atau pas dikonsumsi saat musim panas atau hujan.

Biasanya karena musim hujan, makanan yang cocok dimakanan adalah makanan yang hangat atau makanan yang berkuah. Ya, tujuannya supaya menghangatkan badan yang lagi kedinginan juga memanjakan lidah penikmatnya. Berikut 10 makanan yang cocok dikonsumsi pada musim hujan:

1. Mie godok alias mie rebus.
Olahan khas Jawa ini juga menjadi primadona saat hujan. Rasanya nikmat dan gurih, dengan kekayaan bumbu khas Indonesia.

]Baca Juga: Vitamin D Jaga Daya Tahan Tubuh, Selain dari Sinar Matahari juga Bisa Didapat dari Makanan Ini

2. Bakso
Siapa yang kuat menahan godaan bola-bola daging berkuah satu ini. Karena kuahnya yang hangat dan gurih serta baksonya yang kenyal membuat banyak orang menyukainya. Bakso sendiri bukanlah makanan yang 'jahat'. Bakso umumnya terbuat dari daging sapi yang merupakan sumber protein dan zat besi.

3. Tekwan
Hidangan khas Palembang ini merupakan makanan yang banyak dicari ketika dingin. Tekwan berasal dari bahan dasar yang sama dengan pempek, yakni ikan tenggiri dan sagu. Bedanya, tekwan disajikan dalam kuah kaldu udang yang gurih, mirip seperti bakso.

4. Rawon
Makanan khas Jawa Timur ini merupakan sejenis sup daging dengan kuah hitam pekat. Warna hitam kuahnya berasal dari kluwek atau pucung. Kluwek merupakan biji yang berasal dari tanaman kepayang. Kluwek memberikan cita rasa dan aroma masakan yang sedap dan gurih.

Baca Juga: Wali Kota Cimahi Dijebloskan ke Rumah Tahanan, Diduga Terima Suap Rp 1,6 Miliar

5. Soto
Makanan berkuah kuning ini memiliki berbagai variasi di setiap daerah. Namun secara umum, soto ayam dimasak menggunakan kunyit dan jahe. Masakan dengan jahe di dalamnya cocok sekali disantap ketika cuaca sedang dingin atau hujan.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X