Rutin Puasa Senin Kamis, Ini Manfaat yang Didapat, Mulai Tidur Nyenyak Hingga Tingkatkan Fungsi Otak

- 14 Desember 2020, 15:40 WIB
Ilustrasi puasa Senin Kamis.
Ilustrasi puasa Senin Kamis. /Unsplash/Christopher Jolly/

GALAMEDIA - Selain sering dicontohkan Nabi, ternyata puasa sunnah dua kali dalam satu minggu, bisa menjadi ajang istirahat bagi tubuh kita yang setiap harinya bekerja keras mengolah semua asupan makanan dan minuman.

Dengan begitu, metabolisme tubuh akan melakukan reset ulang dan membuat proses pembakaran lemak dan energi di tubuh menjadi lebih efektif.

Selain itu, puasa Senin Kamis juga dapat memberikan manfaat lain untuk kesehatan, seperti:

Baca Juga: Ini 8 Manfaat Bawang Merah, Bisa Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh, Cocok Dikonsumsi Saat Pandemi

1. Menurunkan berat badan
Jika saat puasa Senin Kamis, Anda mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah, maka secara otomatis asupan kalori di tubuh pun akan berkurang. Namun, manfaat yang satu ini baru bisa tercapai jika Anda melakukannya secara teratur.

2. Menurunkan tekanan darah
Saat berpuasa, tekanan darah Anda akan menurun dibandingkan dengan biasanya. Tekanan darah akan kembali naik saat Anda selesai berpuasa. Namun, Anda bisa mempertahankan tekanan darah tetap stabil selama tidak mengonsumsi makanan yang bisa memicu darah tinggi.

3. Menurunkan kolesterol
Puasa Senin Kamis juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat di tubuh jika dilakukan secara teratur. Namun masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk benar-benar memastikan manfaat yang satu ini.

Baca Juga: Menu Berbuasa Puasa Senin Kamis, Ini 12 Pilihannya, Ada Buah Mentah, Jus, dan Sayur

4. Meningkatkan fungsi otak
Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, berpuasa beberapa kali dalam seminggu terbukti bisa meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X