Keutamaan Puasa Senin Kamis: 'Berpuasalah Niscaya Kamu Sehat' Ini Manfaat Puasa Sunnah lainnya

- 17 Desember 2020, 09:51 WIB
Ilustrasi puasa Senin kamis.
Ilustrasi puasa Senin kamis. /Pixabay

GALAMEDIA - Puasa adalah salah satau rukum Islam dan suatu amalan yang utama selain dari sholat wajib. Puasa wajib adalah puasa di bulan Ramadhan, tetapi ada puasa-puasa sunnah yang dicontokan Nabi Muhammad SAW. Di antaranya puasa Senin Kamis.

Mengapa Rasulullah sangat menyukai berpuasa di hari senin dan kamis ?

وَعَنْ اَبِيْ هَرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُعْرَضُ اْلَاعْمَالُ يَوْمَ اْلِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ فَاُحِبّ اَنْ يٌّعْرَضَ عَمَلِيْ وَاَنَا صَائِمٌ
Artinya:
“Dari Abi Hurairoh r.a, dari Rosulululloh SAW bersabda : “Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa.” (HR. Turmudzi)

Baca Juga: Puasa Senin Kamis: Begini Tata Cara dan Niat Puasanya, serta Sejarah yang Wajib Diketahui

Berikut manfaat puasa sunnah Senin dan Kamis, di antaranya :
1. Melatih diri untuk berdisiplin
Dengan berpuasa, maka seseorang akan dilatih untuk selalu berdisiplin dalam segala hal, karena ia merasa Allah SWT selalu mengawasi setiap tindakan yang ia lakukan sehingga ia akan selalu mawas diri dan menghindari segala hal-hal yang nantinya dapat menimbulkan dosa dan dapat membatalkan puasanya.(Baca : Tips Persiapan Menjelang Puasa)

2. Dapat terhindar dari godaan syaitan
Berpuasa memberikan gambaran bahwa dengan melakukan ibadah tersebut jalan syaitan untuk mempengaruhi jiwa dan tubuh manusia akan terhambat. Dengan begitu akan dapat meminimalkan pengaruh-pengaruh syaitan pada manusia seperti berbuat kemaksiatan atau melakukan hal-hal lainnya yang dilarang oleh Allah SWT.(Baca : Niat Puasa Ganti Ramadhan)

Baca Juga: Asmaul Husna: Ini Makna Nama-Nama Allah yan Maha Indah, Al Alim, Al Qoobidh, dan Al Baasith

3. Dapat menjadi perisai bagi kejiwaan seseorang

Menjalankan puasa, baik itu puasa wajib maupun puasa-puasa sunnah seperti puasa senin dan kamis dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kondisi kejiwaan seseorang. Manfaat berpuasa juga dapat membantu dalam melatih kesabaran, melatih menguasai diri, melatih diri dalam meredam hawa nafsu, serta dapat meningkatkan kemauan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas ketaqwaannya kepada Allah SWT.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X