Memahami Makna Asmaul Husna: Dzikir dengan Asmaul Husna Semoga Doa Kita Terkabul

- 22 Desember 2020, 09:43 WIB
Ilustrasi berdzikir. Berdzikir dengan Asmaul Husna /Pexels/Hebert Santos.

GALAMEDIA - Dalam ajaran agama kita dianjurkan menyebut asmaul husna, setidaknya ketika berdzikir atau hendak serta ketika berdoa.

Asmaul Husna merupakan nama-nama Allah yang maha indah. Asmaul husna dalam Alquran disebut beberapa kali. Di antaranya dalam Surat Al A’raf ayat 180. Allah berfirman:

"Hanya milik Allah asmaul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan."

Baca Juga: Alquran Surat Asy Syams, Berikut Bacaan Arab, Latin, dan Terjemahnya, Yuk Perbanyak Baca Quran

Asmaul husna juga memiliki banyak keutamaan yang luar biasa. Di antaranya terkabulnya doa, disunnahkan untuk mempelajari asmaul husna, dan akan masuk surga. Nabi bersabda:

إِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمَا مِائَةً إِلاَّ وَاحِدًا مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ

“Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu. Siapa yang menghafalnya ia akan masuk surga” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berikut 10 dari 99 asmaul husna, Al Kholiq, Al Baari’, Al Mushowwir, Al Ghoffar, Al Qohhar, Al Wahhab, Ar Rozzaq, Al Fattah, Al ‘Alim, dan Al Qoobidh.

1. Al Kholiq (الْخَالِقُ)

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X