Memahami Makna 5 Asmaul Husna: Al Mukmin, Al Muhaimin,Al Aziz, Al Jabbar, Al Mutakabbir

- 13 Januari 2021, 09:40 WIB
Asmaul husna /galamedianews

GALAMEDIA - Nama-nama Allah Yang Maha Indah atau dikenal dengan Asmaul Husna memiliki banyak keutamaan yang luar biasa. Di antaranya terkabulnya doa, disunnahkan untuk mempelajari asmaul husna, dan akan masuk surga.

Nabi bersabda: “Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu. Siapa yang menghafalnya ia akan masuk surga” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berikut 5 dari 99 asmaul husna, Al Mukmin, Al Muhaimin,Al Aziz, Al Jabbar, dan Al Mutakabbir.

Baca Juga: Berperilaku Baik Terhadap Sesama Baik Ucapan Maupun Perbuatan Pahalanya Sama dengan Bersedekah

1. Al Mukmin (الْمُؤْمِنُ)
Artinya Maha Memberi Keamanan
Al Mukmin artinya Allah adalah Dzat yang menjadi tempat pelarian dan perlindungan bagi orang yang merasa ketakutan sehingga mendapatkan keamanan. Nama ini juga disebutkan dalam surat Al Hasyr ayat 23.

Nama Al Mukmin sangat baik untuk dijadikan sebagai dzikir orang yang sedang ketakutan, karena dengan menyebutnya sepenuh hati, Allah akan memberikan rasa aman dari segala bahaya.

2. Al Muhaimin (الْمُهَيْمِنُ)
Artinya Maha Pemelihara
Al Muhaimin artinya Allah adalah maha mengawasi dan menyaksikan seluruh makhlukNya, berkuasa atas mereka dengan penuh perhatian dan kekuasaan, memberi mereka rezeki dan kehidupan. Asmaul husna ketujuh ini juga disebutkan dalam surat Al Hasyr ayat 23.

Khasiat atau keajaiban dari dzikir dengan menyebut nama Al Muhaimin, Allah akan memberi memelihara dirinya, urusan dan juga rezekinya.

Baca Juga: Juz Amma: Quran Surat Al Insyirah, Ini Dia Asbabun Nuzul, Arab, Latih, dan Terjemahnya, Yuk Tadarus

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X