11 Makanan Atasi Perut Kembung, Tak Perlu Khawatir dengan Penyakit ini Tapi Harus Tetap Waspada

- 13 Januari 2021, 14:08 WIB
ilustrasi jahe dan buah lemon. /Angele J/pexels.com/@angele-j

GALAMEDIA - Pernah merasakan perut kembung? Pasti sangat tidak nyaman. Perut begitu begah. Kondisi ini sangat menganggu aktivitas kita. Perut kembung merupakan gangguan kesehatan yang dapat terjadi pada siapa saja.

Meski terkesan sepele, keluhan ini bisa saja mengganggu aktivitas. Bahkan, dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya. Banyak hal yang dapat menyebabkan keluhan perut kembung.

Beberapa di antaranya, yaitu konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gas, sembelit atau konstipasi, efek samping obat atau suplemen, kehamilan, dan kegemukan.

Baca Juga: Sering Stres? Berikut Daftar Makanan Sehat nan Lezat yang Membantu Hilangkan Stres, Layak Dicoba

Secara garis besar, perut kembung bukanlah keluhan yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Meski begitu, akan lebih baik jika keluhan ini segera diatasi.

Salah satu cara mengatasi perut kembung yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Berikut makanan untuk mengatasi perut kembung seperti yang dirangkum galamedia dari berbagai sumber, di antaranya:

1. Jahe
Dianggap sebagai salah satu obat herbal tertua di dunia, sifat antiradang yang dimiliki jahe ternyata dapat membantu mengatasi perut kembung yang terjadi akibat produksi gas berlebih di dalam perut.

Jahe tergolong sebagai makanan untuk mengatasi perut kembung karena mengandung enzim pencernaan bernama zingibain, yang dapat membantu tubuh memecah protein.

Baca Juga: Ini Arti Efikasi Vaksin 65,3 Persen Menurut Tinjauan Ahli Bidang Farmasi

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X