Flat Foot atau Telapak Kaki Datar pada Anak Perlu Diobati? Ini Kata Dokter

- 13 Januari 2021, 15:03 WIB
Ilustrasi telapak kaki /Pixabay

GALAMEDIA - Umumnya bentuk telapak kaki adalah melengkung. Tapi ada juga yang datar. Jenis telapak kaki datar inilah yang perlu diperhatikan.

Telapak kaki datar atau flat foot adalah bentuk telapak lebih rata di bagian bawah. Bentuk tersebut memungkinkan seluruh telapak kaki menyentuh lantai saat berdiri. Kondisi ini juga dialami Andre, bukan nama sebenarnya.

Telapak kaki datar adalah kondisi umum, sering terjadi dalam keluarga, dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, dalam beberapa kasus, kaki datar dapat memengaruhi kesejajaran tubuh.

Hal ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada lutut dan pergelangan kaki. Bagaimana dengan telapak kaki datar pada anak? Saat lahir, telapak kaki bayi memang cenderung rata, yang dapat bertahan hingga masa kanak-kanak.

Baca Juga: Ternayata Ini Penyebab Sering Banjir di Jatinangor, Rancaekek, dan Cicalenegka Kata Ahli Hidrologi

Hal tersebut terjadi karena tulang dan persendian anak-anak lebih fleksibel, sehingga kaki mereka rata saat berdiri.

Bayi juga memiliki bantalan lemak di dalam tapak kaki yang menyembunyikan lengkungan. Lengkungan dapat terlihat saat Anda menggendong bayi. Namun, saat balita berdiri, lengkungan itu menghilang.

Biasanya, bentuk flat foot menghilang pada usia 6 tahun karena kaki menjadi kurang fleksibel dan lengkungan berkembang. Hanya sekitar 1 - 2 dari 10 anak yang akan terus memiliki kaki rata hingga dewasa.

Baca Juga: 11 Makanan Atasi Perut Kembung, Tak Perlu Khawatir dengan Penyakit ini Tapi Harus Tetap Waspada

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X