Bom Meledak di Depan Gedung Sarinah Thamrin Jakarta, 8 Orang Tewas pada 14 Januari 2016

- 14 Januari 2021, 09:54 WIB
Tim Gegana Polri melakukan penyisiran di lokasi ledakan di pos polisi, Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta, pada Januari 2016./Antara Foto/Muhammad Adimaja. /

GALAMEDIA - Di berbagai belahan dunia, banyak peristiwa penting terjadi pada tanggal 14 Januari, dari tahun ke tahun. Tak sedikit dari peristiwa itu menjadi catatan sejarah penting bagi perjalanan hidup manusia.

Di antaranya peristiwa teror bom di depan Sarinah Jalan MH Thamrin, Jakarta yang menewaskan sebanyak delapan orang dan puluhan lainnya terluka.

Berikut sejumlah peristiwa penting di tanggal 14 Januari, yang dirangkum Galamedia dari berbagai sumber:

Baca Juga: Terbaru, Harga Emas Hari Ini, Kamis 14 Januari 2021 Ada yang Meroket, Antam 2 Gram Rp1.952.000

1784
Perang Revolusi Amerika Serikat (1775–1783) berawal dari pertarungan Kerajaan Britania Raya dan Amerika Serikat yang baru berdiri.

Namun perlahan menjadi perang global antara Inggris di satu sisi dan Amerika Serikat, Prancis, Belanda, dan Spanyol di sisi lainnya. Perang ini dimenangkan oleh Amerika Serikat dengan hasil yang bercampur dengan kekuatan lainnya.

Pada 1783, Traktat Paris mengakhiri perang dan mengakui kedaulatan Amerika Serikat atas teritori yang secara kasar dikelilingi oleh wilayah yang saat ini menjadi Kanada di utara, Florida di selatan, dan Sungai Mississippi di barat. Perdamaian dalam tingkat internasional disetujui yang diikuti serangkaian pertukaran teritori.

Baca Juga: Kurs Rupiah Kembali Melemah, Kamis Ini Mencapai 30 Poin ke Rp14.090 per Dolar

1907
Gempa bumi tektonik di Kingston, Jamaika menewaskan lebih dari 1.000 orang.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X