Cek Fakta: Ivermectin Dapat Mempercepat Pemulihan Pasien Covid-19, Dapatkah Digunakan? Ini Faktanya

- 19 Januari 2021, 14:32 WIB
Ilustrasi Obat Covid-19.* /Dokumen: Pribadi/unair.ac.id/

 

GALAMEDIA - Belum lama ini ada sebuah penelitian di Australia yang menyatakan bahwa ivermectin dapat menurunkan jumlah virus Corona secara signifikan pada sel yang terinfeksi virus tersebut.

Ada juga riset yang menyebutkan bahwa ivermectin dapat mempercepat proses pemulihan pada pasien Covid-19 dengan gejala ringan.

Hasil penelitian tersebut disambut dengan antusias oleh beberapa pihak, karena obat ini mudah didapatkan dan harganya jauh lebih terjangkau bila dibandingkan dengan mengembangkan obat baru untuk Covid-19.

Baca Juga: Superfood, Wajib Ada dalam Menu Makanan Setiap Hari, Ini Jenis-jenisnya yang Jarang Diketahui

Sayangnya, seperti dikutip galamedia dari berbagai sumber, data terkait efektivitas dan efek samping ivermectin sebagai obat untuk Covid-19 masih sangat terbatas dan masih perlu dikaji lebih lanjut. Hingga saat ini, obat ivermectin belum dianjurkan untuk dipakai sebagai pengobatan Covid-19.

Ivermectin kerap digunakan sebagai obat cacing dan obat pembasmi kutu. Namun, beberapa penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa ivermectin juga memiliki efek antivirus terhadap beberapa jenis virus, seperti virus Zika, influenza, chikungunya, dan virus Dengue.

Sementara itu, ivermectin sebagai obat Covid-19 telah diteliti dalam studi kecil dan dikombinasikan dengan doxycycline untuk mengetahui pengaruhnya. Hasil riset tersebut menunjukkan bahwa kombinasi kedua obat ini bekerja lebih baik dalam mengurangi gejala dan mempercepat proses penyembuhan Covid-19.

Baca Juga: Anak di Atas 2 Tahun Masih ASI, Ini Kata Dokter, Boleh, Asal....

Namun, berbagai institusi kesehatan, seperti FDA, WHO, dan Kementerian Kesehatan Indonesia, belum merekomendasikan penggunaan ivermectin sebagai obat untuk mencegah atau mengobati Covid-19.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X