Harus Tahu! Ini Makna Hasil CT dalam Test PCR Swab, Jangan Hanya Tahu Positif atau Negatif

- 21 Januari 2021, 09:48 WIB
Ilustrasi hasil test swab PCR artis Kalina Oktarani /Instagram @kalinaocktaranny /


GALAMEDIA - Orang demam, apalagi dibarengi dengan flu atau pilek, batuk, sesak, dan hilang indra penciuman disarankan untuk test Swab PCR, untuk mendiagnosis Covid-19. Sebab, gejala tersebut merupakan gejala umum panderita Covid-19.

Dalam mendeteksi Covid-19, harus ada pemeriksaan yang dikenal sebagai real-time reverse-transcriptase polymerase chain reaction alias real time RT-PCR. Tes ini adalah yang paling akurat sehingga direkomendasikan untuk mengidentifikasi infeksi virus corona.

Biasanya, hasil tes PCR dari laboratorium hanya memberikan keterangan positif atau negatif. Namun, ada pula fasilitas kesehatan yang turut menambahkan keterangan nilai cycle threshold atau CT dalam lembar hasil PCR.

Baca Juga: Kota Bandung dan Sekitarnya pada Kamis Siang Ini Berpotensi Dihuyur Hujan Ringan

Sebenarnya, apa sih arti nilai CT swab test itu? Dikutip galamedia dari berbagai sumber, dalam tes ini, petugas kesehatan akan mengambil cairan dari tenggorok dan hidung seseorang.

Selanjutnya, sampel dimasukkan ke tabung khusus untuk kemudian diperiksa di laboratorium. Pada tahap berikutnya, sampel diekstraksi menggunakan kit tertentu agar dapat mengeluarkan materi virus yang disasar.

Selanjutnya, materi genetik diperbanyak (amplifikasi) menggunakan mesin real time PCR. Proses tersebut bisa dilakukan sampai sekitar 40 siklus.

Mesin real time PCR memakai floresens sehingga tiap kali diperbanyak, terbentuklah sinyal floresens. Jumlah sinyal floresens yang terbentuk itu berbanding lurus dengan amplifikasi yang terjadi.

Dalam edaran Perhimpunan Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik Indonesia (PAMKI) disebutkan, hasil pemeriksaan real time PCR dinyatakan positif bila terdapat akumulasi sinyal fluoresens.

Baca Juga: Orang Berilmu Tak akan Terasing dan Tak Ada Tempat Terhormat bagi Orang Bodoh Dimana pun

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X