Candi Borobudur Diguncang Ledakan Bom, Stupa dan Patung Buddha Rusak pada 21 Januari 1985

- 21 Januari 2021, 11:46 WIB
Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini pada 21 Januari 1985 pernah menjadi sasaran pengeboman./Lucky M Lukman/Galamedia /

GALAMEDIA - Di berbagai belahan dunia, banyak peristiwa penting terjadi pada tanggal 21 Januari, dari tahun ke tahun. Tak sedikit dari peristiwa itu menjadi catatan sejarah penting bagi perjalanan hidup manusia.

Di antaranya peristiwa pengeboman Candi Borobudur yang merusak stupa dan patung Buddha serta peresmian dimulai pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Berikut sejumlah peristiwa penting di tanggal 21 Januari, yang dirangkum Galamedia dari berbagai sumber:

Baca Juga: Ganda Campuran Indonesia Adnan/Mychelle Takluk dari Pasangan Malaysia Dua Gim Langsung

763
Pertempuran Bakhamra antara dinasti Alid and Kekhalifahan Abbasiyah dekat Kufa berakhir dengan kemenangan Abbasiyah yang menentukan.

1911
Reli Monte Carlo adalah sebuah lomba reli yang diselenggarakan sejak tahun 1911, tepatnya 21 Januari 1911 oleh Automobile Club de Monaco, yang diawali di Nice dan diakhiri di Monako.

Event ini termasuk salah satu seri dari kejuaraan reli dunia / World Rally Championship (WRC).

Baca Juga: Ini Dia Sikap Persib Atas Keputusan Pembatalan Liga 1 2020; Ikuti Kalender Liga di Eropa

1924
Vladimir Ilyich Ulyanov atau Vladimir Lenin meninggal dunia pada 21 Januari 1924. Pria ini dikenal sebagai pemimpin pertama di Republik Sosialis Federasi Soviet (RSFS) Rusia sejak 1917, dan menjadi pemimpin Uni Soviet pertama sejak 1922 sampai kematiannya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X