Catat! Ini Daftar Makanan yang Membuat Anak Bodoh dan Mengganggu pada Tumbuh Kembang

- 21 Januari 2021, 15:46 WIB
Makanan cepat saji atau junk food dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak /Pixabay//

GALAMEDIA - Tumbuh kembang anak sangat ditunjang dengan makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Oleh karenanya, orangtua wajib memberikan makanan sehat dan bergizi seimbang, agar tumbuh kembang si kecil dapat optimal.

Sebaliknya, apabila makanan yang diberikan hanya bersifat mengenyangkan namun tidak bergizi, si kecil lebih berisiko mengalami gangguan tumbuh kembang.

Dikutip galamedia dari berbagai sumber, makanan memang dapat menjadi faktor yang mempengaruhi kecerdasan otak dan tumbuh kembang anak. Sebab untuk dapat bertumbuh dan berkembang, otak butuh serangkaian gizi. Seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Baca Juga: Pijatan Ini Bisa Bantu Atasi Susah BAB, Aman Dilakukan untuk Bayi, Begini Caranya

Berikut makanan yang membuat anak bodoh dan terlambat berkembang di antaranya:

1. Makanan yang Mengandung Gula Tinggi
Makanan manis atau mengandung gula tinggi termasuk ke dalam daftar yang dapat merusak perkembangan otak anak. Faktanya, konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi secara berlebih dapat menyebabkan anak menjadi hiperaktif dan memengaruhi nafsu makannya.

Makanan manis juga dapat menyebabkan sakit perut dan melemahkan kekebalan tubuh. Jadi, sebaiknya hindari terlalu sering memberikan anak permen, es krim, atau makanan manis lainnya.

2. Makanan yang Mengandung Pewarna Buatan
Makanan untuk anak-anak biasanya dibuat dengan warna yang bervariasi. Hal ini guna menarik perhatian anak terhadap makanan tersebut.

Baca Juga: Wow! 25 Relawan Uji Klinis Terpapar Positif Covid-19, Begini Kata Ketua Tim Uji Klinis

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X