Hindari 8 Masker Ini, Tidak Efektif Tangani Virus Corona, Jangan Sia-Sia Kalau Tak Guna

- 23 Januari 2021, 09:10 WIB
Ilustrasi masker bedah untuk mencegah penularan Covid-19. /PIXABAY/

GALAMEDIA - Kasus positif Covid-19 di negara kira belum juga mereda, justru semakin memuncak. Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 sebanyak 951.651 orang terinfeksi virus corona. Sementara itu, sekitar 27.203 meninggal akibat virus corona jahat ini.

Untuk menurunkan angka kasus positif Covid-19 bukan perkara mudah. Meski begitu, banyak upaya terus dilakukan para ahli untuk mengakhiri Covid-19 yang menyerang bertubi-tubi.

Salah satu cara yang dilakukan adalah membuat pedoman dan protokol kesehatan dalam menghadapi Covid-19. Salah satu protokol kesehatan yang harus selalu dipatuhi adalah penggunaan masker untuk mencegah penularan virus corona.

Baca Juga: Indonesia Turunkan 2 Wakilnya di Semifinal Toyota Thailand Open 2021, Semoga ke Final

Menyoal penggunaan masker ini, ternyata ada beberapa masker yang dianggap tidak efektif untuk menangkal virus corona. Berikut ulasannya seperti yang dirangkum galamedia dari berbagai sumber:

Jenis Masker yang Tidak Direkomendasikan
Selain mencuci tangan dan menjaga jarak, menggunakan masker selama pandemi Covid-19 merupakan salah satu cara yang efektif untuk mencegah penularan virus corona.

Namun, terdapat beberapa masker yang tidak direkomendasikan untuk digunakan karena dianggap kurang efektif menangkal virus corona. Berikut ini daftarnya menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) - AS dalam “Considerations for Wearing Masks”:

Baca Juga: Alhamdulillah, Guru Masih Bisa Jadi CPNS Meski Pemerintah Fokus ke PPPK, Ini Perbedaannya

1. Masker dengan Rajutan Renggang
Menurut ahli di CDC, masker yang terbuat dari kain tenunan longgar atau yang dirajut (kain yang bisa ditembus cahaya), juga tidak direkomendasikan untuk digunakan. Masker yang terlalu renggang dan berbahan rajut ini tidak efektif melindungi kita dari droplet.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X