Ini Ternyata Alasan harus Modifikasi Vaksin Covid-19

- 23 Februari 2021, 15:07 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. /Pixabay/WiR_Pixs/

GALAMEDIA - Jika virus korona baru bermutasi sedemikian rupa sehingga vaksin Covid-19 saat ini tidak lagi efektif dalam memerangi virus, para peneliti harus memodifikasi vaksin tersebut.

Pedoman baru yang dikeluarkan oleh Food and Drug Administration (FDA) menunjukkan bahwa uji klinis yang panjang dan ekstensif mungkin tidak diperlukan untuk menguji vaksin yang dimodifikasi.

Dilansir Galamedia dari Live Science pada 23 Februari 2021, vaksin yang dimodifikasi dapat diuji dalam uji coba skala kecil seperti yang dilakukan untuk mengembangkan vaksin flu setiap tahun.

Baca Juga: Perlu Diketahui! Ini Bahaya Bekerja di Atas Kasur pada Kesehatan dan Tips Bekerja di Rumah dengan Nyaman

"Kami tahu setiap negara sangat ingin kembali ke kondisi normal lagi dan kemunculan varian virus menimbulkan kekhawatiran baru tentang kinerja produk ini," kata Dr. Janet Woodcock, pejabat komisaris FDA, dalam sebuah pernyataan.

Studi telah menunjukkan, bagaimanapun varian baru yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan, yang dikenal sebagai varian B.1.351, dibandingkan varian lainnya.

Akan tetapi, jika virus berevolusi menjadi 'cukup atau sepenuhnya resisten' terhadap vaksin Covid-19 saat ini, maka mungkin perlu untuk memodifikasinya.

Baca Juga: Deretan Idol dan Artis yang Mendapat Tuduhan Melakukan Bullying, Apakah Ini Pengalihan Isu?

Karena perusahaan akan memodifikasi vaksin yang sama hanya sedikit untuk membuatnya lebih baik terhadap varian baru, uji klinis ekstensif yang melibatkan pengujian vaksin terhadap plasebo pada ribuan orang mungkin tidak diperlukan.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X