7 Presiden ‘Termiskin’ di Dunia, Bukan Tak Miliki Kekuasaan Tapi Mereka Memilih Hidup Sederhana

- 9 April 2021, 07:04 WIB
Mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela.
Mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela. /channel4.com


GALAMEDIA – Seorang piminan negara atau presiden dikenal dengan kekayaan yang dimilikinya. Tak bisa dipungkiri, banyak orang yang ingin menjadi presiden karena kekayaan dan kekuasaan.

Namun, ternyata, ada presiden yang miskin lho! Para presiden ini tidak memperkaya dririnya sendiri dengan kekuasaan yang mereka miliki. Dikutip melalui Youtube Fakta Populer, inilah tujuh presiden termiskin di dunia:

1. Fernando Lugo
Fernando Lugo adalah mantan Presiden Paraguay yang menjabat pada 2008 – 2012. Ia memang terkenal dengan penampilannya yang selalu sederhana dan merakyat.

Baca Juga: Ngeri! Seorang Guru SD Ditembak KKB Hingga Tewas, Disdik Minta Jaminan Keamanan ke Polda

Padahal, saat memimpin ia tergolong sukses lho dalam membangun negara. Sebelum menjadi presiden, Lugo adalah seorang pastur sampai dijuluki dengan sebutan Pastor Kaum Papa. Bahkan, ia juga sangat dekat dengan rakyat miskin di Paraguay.

Tahun 2008, Lugo menolak gajinya sebagi presiden dan memberikan gaji untuk kepentingan rakyat.

2. Jose Pepe Mujica
Presiden Jose Pepe Mujica memang sudah terkenal dengan sebutan “The Worlds Humblest President”. Ia adalah mantan presiden Uruguay 2010 – 2015, yang terkenal akan kemiskinannya lho.

Semasa memimpin Uruguay, Jose dikenal sebagai sosok yang sederhana dan gemar bersedakah. Tak hanya itu, ia hanya menggunakan mobil VW keluaran 1987 sebagai kendaraan kepresidenan.

Baca Juga: Ikatan Cinta 9 April 2021: Andin Cari Bukti Hubungan Elsa dan Riki, Angga Curigai Elsa

Bahkan, ia juga sempat menolak rumah mewah yang diberikan negara dan memilih tinggal di rumah pertaniannya yang jalannya masih tanah. Selain itu, 90% gajinya selalu ia donasikan untuk amal (saat itu sekitar Rp165 juta).

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X