Intip Kekayaan Presiden Indonesia dari Soekarno Hingga Jokowi, Siapa yang Paling Kaya?

- 9 April 2021, 12:24 WIB
Presiden Joko Wdiodo dan Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.
Presiden Joko Wdiodo dan Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. /Dok. Sekretariat Kabinet

GALAMEDIA - Senak merdeka pada tahun 1945, sekarang ini Indonesia sudah punya tujuh presiden yakni, Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, KH. Abdurachman Wahid, Megawati Soekarno Putri, Susilo Bambang Yudhoyono, dan yang masih menjabat saat ini Joko Widodo (Jokowi).

Sebagai orang nomor satu di Indonesia, tidak hanya masalah politik dan pemerintahan saja yang disorot oleh masyarakat, tapi kehidupan sampai kekayaan pribadi pun menjadi topik menarik untuk dibahas.

Sejak masa kepemimpinan Gusdur dan Megawati, pejabat negara wajib melaporkan harta kekayaanya dalam bentuk Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara atau (LHKPN).
Dikutip melalui Youtube Update Pro, inilah kekayaan seluruh presiden Indonesia dari masa ke masa!

Baca Juga: Simak 5 Orang Paling Kaya di Indonesia Tahun 2021, Ada yang Masuk Daftar 100 Orang Terkaya Dunia!

1. Soekarno
Pesona presiden pertama Indonesia, Soekarno memang tidak ada habisnya, mulai dari ketampanannya hingga kecakapannya dalam segi diplomasi dan strategi. Terlepas dari itu, jumlah kekayaan Soekarno pernah diberitakan oleh Kronen Zeitung (koran Austria) pada 2012 menyebutkan, Soekarno memiliki 57.000 ton emas yang diberikan pada Amerika.

Pernyataan itu diperkuat dengan klaim salah satu mediator, Gustav Jobsmann, yang mengatakan kekayaan Soekarno senilai $180 miliar US (Rp22 triliun). Uang itu disimpan di UBS (Union Bank of Switzerland). Usut punya usut, kekayaanya berasal dari sejumlah bisnis yang ia tekuni.

Baca Juga: Viral dan Jadi Sasaran Netizen Julid, Ini Sosok Intan Wisni


2. Soeharto
Slogan “Enak zaman ku toh?” pasti mengingatkan kita pada Soeharto. Pada era Soeharto banyak kebijakan yang dinilai positif. Salah satunya adalah kebijakan Swasembada Pangan. Soeharto juga adalah presiden terkaya di Indonesia.

Dilansir majalah Forbes, kekayaan beliau mencapai $4 miliar US (Rp 55 triliun). Selain itu, Soeharto memiliki banyak Yayasan yang tersebar dan memberikan income yang sangat besar. Selain itu, kekayaan Soeharto berasal dari 3.6 hektare real estate di sejumlah kota besar Indonesia.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X