Tidak Dianjurkan Baca Surah Pendek pada Waktu Sholat Subuh, Surah ini yang Sering Dibaca Nabi Muhammad SAW

- 15 April 2021, 07:16 WIB
Ilustrasi Alquran.
Ilustrasi Alquran. /Pexels/ Ali Burhan

 

GALAMEDIA - Waktu sholat Subuh bagi sebagian besar orang memang sedang enak-enaknya tidur. Padahal banyak keutamaan sholat subuh, dikarenakan dilakukan saat menjelang terbit fajar.

Namun, banyak umat muslim yang lalai untuk menunaikan ibadah sholat subuh dan memilih untuk melanjutkan tidurnya ketimbang untuk bangun dan melaksanakan sholat.

Karena itu Nabi Muhammad SAW, mengkhususkan sholat subuh mulia dengan keistimewaan tunggal. Sholat subuh bahkan memiliki sifat-sifat yang tidak pernah ada pada sholat-sholat lainnya.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 15 April 2021: Tertangkap Basah Berduaan dengan Ricky, Nino Marah Besar pada Elsa

Saking istimewanya, Nabi Muhammad SAW bahkan sampai mendoakan umatnya yang mengerjakan sholat subuh.

Dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad SAW bersaba: Ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun subuh (HR. Tirmizi, Abu Dau, Ahmad, dan Ibnu Majah).

Sholat subuh juga turut disaksikan oleh para malaikat sebagaimana yang tertulis dalam firman Allah SWT. Dan dirikanlah sholat subuh, sesungguhnya solat subuh itu disaksikan oleh para malaikat (QS. Al-Isra ayat 78).

Baca Juga: Bocoran Ikatan Cinta 15 April 2021: Mama Rosa Bongkar Rahasia Elsa Pada Nino, Ricky Ingatkan Imbalannya

Dikutip daru channel Youtube Islam Populer, saat mengerjakan sholat subuh, tidak dianjurkan untuk membaca surat pendek seperti Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X