13 Manfaat dan Keutamaan Zakat Fitrah, Mulai dari Membersihkan Harta hingga Mencegah Bencana

- 27 April 2021, 12:44 WIB
Ilustrasi zakat.
Ilustrasi zakat. /Dok. baznas.go.id/

GALAMEDIA - Zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban semua umat muslim. Bahkan, zakat ini termasuk dalam rukun Islam sehingga tidak boleh seseorang yang mengaku Islam meninggalkan kewajiban membayar zakat fitrah ini.

Setiap muslim yang sudah memenuhi syarat wajib zakat haruslah membayarkan zakat dengan beberapa ketentuan yang telah ditetapkan.

Perintah untuk membayar zakat ini telah jelas ada di banyak surat dalam al Quran. Salah satunya adalah pada surat al Baqarah ayat 43 yang berbunyi, “dan kerjakanlah sholat, tunaikanlah (membayar) zakat dan ruku’ lah Bersama orang-orang yang ruku’”.

Selain itu, dalam surat at Taubah ayat 103 disebutkan “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka karena dengan zakat itu kamu dapat membersihkan dan menyucikan mereka”.

Zakat memang diwajibkan bagi muslim yang mampu. Namun, tahukah kalian jika manfaat zakat ternyata sangat banyak. Manfaat zakat merentang dari urusan duniawi hingga akhirat, lho. Nah, penasaran, kan?

Mau tahu apa saja manfaat zakat bagi umat Islam? Yuk, simak 13 manfaat dan keutamaan membayar zakat di bawah ini:

Keistimewaan Melakukan Zakat Fitrah

Setiap hal yang diperintahkan atau dilarang oleh Allah pastilah memiliki hikmah tersendiri. Begitu pula dengan kewajiban membayar zakat fitrah, juga memiliki hikmah dan manfaat yang bisa dipetik oleh manusia. Berikut ini akan dibahas beberapa manfaat zakat fitrak, baik untuk pembayar zakat maupun penerima zakat, yang bisa kita ambil hikmahnya:

1. Membersihkan harta

Hal ini sudah dibahas secara singkat di atas, berdasarkan surat at Taubah ayat 103, bahwa zakat akan membersihkan dan menyucikan harta. Harus kita ketahui, bahwa harta yang kita miliki ini bukanlah sepenuhnya milik kita. Oleh karena itu, dengan menunaikan zakat, kita akan membersihkan harta yang kita miliki dari hak-hak orang lain yang ada.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x