Permintaan Madu Klanceng Meningkat Tiap Tahun, PT MBM Jalin Kemitraan dengan Masyarakat Budidaya Lebah Madu

- 4 Mei 2021, 16:44 WIB
Madu dari lebah Klanceng Trigona ini sangat disarankan bagi para penderita diabetes mellitus atau kencing manis.
Madu dari lebah Klanceng Trigona ini sangat disarankan bagi para penderita diabetes mellitus atau kencing manis. /

GALAMEDIA - Berbeda dengan madu lain, madu yang dihasilkan oleh lebah klanceng atau yang dalam bahasa latin disebut levicep Trigona memiliki sejumlah keunggulan. Diantaranya kaya akan nutrisi, vitamin, mineral dan enzim yang sangat membantu dalam memulihkan stamina dan perbaikan sel tubuh.

Kandungan propolis dan bee pollen madu klanceng sangat tinggi, bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan terapi berbagai penyakit berat. Selain itu, madu klanceng dari bunga matahari dipercaya sebagai antioksidan kuat yang bisa melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Madu ini juga memiliki fungsi sebagai anti bakteri, antibiotik dan anti peradangan. Bahkan mampu mengurangi kolestrol LDL dan mencegah hipertensi.

Selain itu, madu dari lebah Klanceng Trigona ini sangat disarankan bagi para penderita diabetes mellitus atau kencing manis.

Berdasarkan hasil penelitian 100 gram madu klanceng, memiliki energy yang setara dengan 50 butir telur ayam. Dengan kandungan yang dimiliki, madu klanceng banyak dipergunakan oleh industri obat-obatan dan kosmetik baik dalam dan luar negeri.

Baca Juga: Sinopsis Preman Pensiun 5, Rabu 5 Mei 2021: Kang Mus Turun ke Jalan Lagi, Taslim Dibawa ke Rumah Sakit

Dengan beragam dan banyaknya manfaat, harga madu klanceng pun cukup tinggi, bahkan permintaanya pun semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Melihat hal tersebut, Perusahaan Budidaya Lebah Klanceng, PT. Mahakarya Berkah Madani (MBM) menjalin kemitraan dengan masyarakat untuk membudidayakan lebah madu klanceng ini.

Masyarakat yang berminat membudidayakan lebah madu klanceng trigona, bisa membeli 1 stup bibit lebah madu klanceng seharga Rp 1,2 juta.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X