5 Keutamaan Puasa di Bulan Syawal, Salah Satunya Sebagai Penyempurna Puasa Ramadhan

- 5 Mei 2021, 12:22 WIB
Ilustrasi puasa. //Pixabay
Ilustrasi puasa. //Pixabay /
GALAMEDIA - Setelah bulan suci Ramadhan usai, maka datanglah bulan Syawal. Pada bulan Syawal semua orang kembali beraktivitas seperti biasa.

Namun, bagi sebagian kaum Muslimin suasana Ramadhan masih akan membekas di hati-hati mereka dan membuat perasaan sedih mengingat bulan Ramadhan telah usai.

Bisa menikmati ibadah di bulan Ramadhan adalah anugerah yang diberikan Allah. Terutama puasa sebagai ibadah yang paling istimewa di bulan Ramadhan.

 
Baca Juga: Miris, KPK Kian Porak-Poranda! Mantan Jubir Ini Sebut Indonesia Dieksploitasi Hingga Tak Segan Curi Hak Rakyat

Oleh karena itu, sebagian kaum muslimin akan melanjutkan puasa sehari setelah Idul Fitri, yaitu puasa enam hari di bulan Syawal.  

Rasulullah SAW bersabda, "Siapa saja yang berpuasa Ramadhan, kemudian dilanjutkan dengan enam hari di bulan Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun” (HR Muslim).

Dengan melaksanakan puasa sunnah Syawal kita akan mendapatkan keutamaan berupa pahala puasa setahun sebagaimana disebutkan dalam hadits di atas.

 
 
Berikut adalah lima keutamaan yang akan kita dapatkan dari melaksanakan puasa sunnah di bulan Syawal, dikutip Galamedia dari NU Online:

1. Puasa sunnah Syawal sebagai penyempurna puasa Ramadhan

Untuk menyempurnakan shalat fardhu, kita dianjurkan melaksanakan shalat sunnah rawatib, yaitu qabliyah dan bakdiyah.

Hal ini pun sama dengan puasa sunnah Syawal yang dapat menyempurnakan puasa Ramadhan yang sebelumnya sudah kita lakukan.

 
Baca Juga: Beda Jumlah Pengkritik KPK Dulu dan Sekarang, Fahri Hamzah: Ayo KPK Kamu Bisa!

2. Menyempurnakan pahala puasa menjadi pahala puasa setahun

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X