5 Negara dengan Kekuatan Militer Terlemah Dunia: Indonesia Patut Berbangga, Kenapa? Ini Alasannya

- 5 Mei 2021, 13:27 WIB
Ilustrasi Kekuatan militer
Ilustrasi Kekuatan militer /Pixabay.com/Pexels

GALAMEDIA – Kekuatan militer sangatlah penting bagi suatu negara. Kekuatan militer sendiri berfungsi untuk mempertahankan serta melindungi negara. Semua negara di dunia pastinya berlomba-lomba untuk terus memperkuat kekuatan militernya.

Tapi ternyata ada lho negara dengan kekuatan militer terlemah di dunia. Dikutip melalui Youtube Daftar5 berikut lima negara dengan kekuatan militer terlemah di dunia.

1. Somalia
Berbicara mengenai kekuatan militernya, negara ini sebenarnya cukup mumpuni dalam hal tersebut. Namun kekuatan dari negara ini tidak bisa dibandingkan dengan  negara besar lain. Diketahui negara ini hanya memiliki 12.000 personil aktif dan 24.000 personil cadangan.

Baca Juga: Jabar Siapkan 158 Titik Penyekatan Selama Masa Larangan Mudik, Penjagaan 24 Jam Penuh!

Jika dilihat dari alutsista (Alat Utama Sistem Senjata) daratnya, negara ini hanya memiliki 140 tank dan 430 kendaraan perang. Sayangnya alutsista udara dan lautnya begitu lemah bahkan tak ada.


2. Laos
Laos tercatat hanya memiliki 30.000 pasukan tempur serta 100.000 cadangan. Untuk alutsista daratnya sendiri, negara ini hanya mempunyai 55 tank dan 185 kendaraan lapis baja. Jika melihat alutsista udara, Laos hanya memiliki 17 pesawat dan 14 helikopter pengangkut.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dianggap Aktor Intelektual Pengkerdilan KPK, Andi Arief: Robohnya Sukma Reformasi!

3. Panama
Diketahui bahwa negara ini memang tidak memiliki apapun yang diunggulkan dari militernya. Dilihat dari jumlah personil militer, Panama hanya memiliki sekitar 12.000 tentara.

Dari alutsistanya negara ini juga tidak mempunyai banyak persenjataan bahkan alutsista daratnya, Panama hanya memiliki 65 kendaraan taktis. Selain itu, Panama tidak memiliki kekuatan militer di laut dan udara.


4. Republik Afrika Tengah
Berbicara mengenai kekuatan militer, negara ini sangat lemah. Pasalnya negara ini hanya memiliki sekitar 4500 personil dengan jumlah alutsista yang sangat sedikit, yaitu 4 tank dan 2 helikopter saja. Bahkan Afrika Tengah tak memiliki alutsista laut lho.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X