Manisan Salak Jadi Favorit Keluarga saat Lebaran, Rasanya Segar, Bikinnya Gampang! Ini Dia Resepnya

- 10 Mei 2021, 08:04 WIB
Mansisan salak/instagram/@Yenni_luki
Mansisan salak/instagram/@Yenni_luki /


GALAMEDIA - Beragam kudapan diburu pecintanya untuk dijadikan menu pelengkap di kala Lebaran tiba. Dari mulai kue kering hingga manisan, jadi favorit di berbagai daerah di Indonesia.

Bicara soal manisan, ada beragam manisan yang jadi incaran banyak orang kala merayakan lebaran bersama keluarga, salah satunya adalah manisan salak.

Ya, buah yang direndam dengan gula dan air ini memiliki citarasa yang menyegarkan sehingga manisan salak ini menjadi makanan pelengkap dan diburu setelah menyantap aneka makana berat dan berlemak.

Baca Juga: Pakar Politik UNJ Sebut Jokowi Presiden yang Mudah Disetir, Said Didu: Sudah dari 2012 Sejak Mobil Esemka

Berbahan utama salak pondoh, cabai keriting, cabai rawit, manisan ini mampu menggoyang lidah.

Cara membuatnyapun terbilang mudah, kamu tinggal merendah potongan salak dengan seliter air kemudian haluskan cabai rawit serta keriting. Didihkan air yang campur gula pasir, aduk hingga menjadi gula cair kemudian tambahkan garam, cabai yang telah dihaluskan serta bubuk kayu manis.

Baca Juga: Untuk Mengendalikan Penyebaran Covid-19, Unpad Berlakukan Larangan Mudik bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan

Setelah mendidih, kamu siapkan wadah lalu simpan potongan salak yang telah direndam, jangan lupa balur dengan lemon. Kemudian tuangkan larutan gula cabai dan aduklah hingga merata dan meresap ke semua bagian. Setelah itu simpan di lemari es sekitar 1 hingga 2 hari. Manisan salak siap disantap.

Demikian cara membuat manisan salak. Perlu dilketahui juga, buah salah kaya akan vitamin serta nutrisi lho. Dalam salak terdapat zat besi, kalsium, mineral, vitamin B2, Vitamin C, fosfor serta protein.***

 

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X