Setahun Pembelajaran Daring saat Pandemi, Fenomena 'Learning Loss' Menggejala, Waspadai Pergaulan Negatif

- 1 Juni 2021, 13:30 WIB
Ilustrasi dampak negatif dari Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).
Ilustrasi dampak negatif dari Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). /Pixabay/HaticeEROL

GALAMEDIA - Pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau yang biasa disebut pembelajaran daring akibat pandemi Covid-19 di berbagai daerah sudah berlangsung lebih dari satu tahun.

Walaupun dinilai efektif dan menjadi solusi mencegah penyebaran Covid-19, pelaksanaan model pembelajaran daring ini ternyata memunculkan berbagai kendala dan efek negatif.

Selain tidak maksimalnya sistem daring dalam mengajarkan aspek afektif seperti kepribadian, sikap, dan karakter, pembelajaran daring juga mengakibatkan fenomena yang disebut sebagai learning loss.

Baca Juga: Alhamdulillah 3 Bansos Ini Cair Bulan Juni 2021, Untuk Mengeceknya Cukup dengan KTP Lho!

Fenomena ini adalah suatu keadaan di mana peserta didik malas belajar dan cenderung melupakan sekolahnya. Para siswa seakan sudah jenuh dan bosan dan mengalami zoom vertigo atau kelelahan mengikuti zoom.

Belakangan ini menurut Direktur GTK Madrasah Kementerian Agama, Moh Zain, fenomena ini menggejala dan mengakibatkan angka putus sekolah meningkat akibat pandemi Covid 19.

Hal ini menurutnya harus menjadi perhatian serius seluruh elemen terkait khususnya pendidik dan tenaga pendidikan untuk terus berinovasi dan meningkatkan kapasitas serta kompetensi dirinya.

Tahun-tahun ini menurutnya harus disadari oleh para guru karena sangat berbeda dengan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Viral! Atraksi Unik saat Resepsi Pernikahan, Mempelai Wanita Lakukan Debus

"Para guru harus mengubah mindsetnya agar tidak tergagap-gagap menghadapi situasi new normal ini," katanya seperti dikutip Galamedia dari laman nu.or.id, Selasa 1 Juni 2021.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X